get app
inews
Aa Read Next : Anak 5 Tahun Tenggelam di Bendungan Sungai Cipetir, Kuningan

Warga Diminta Waspada Potensi Pohon Tumbang usai Kejadian Menimpa 3 Mobil di Kuningan

Senin, 08 Juli 2024 | 15:29 WIB
header img
Petugas saat melakukan proses evakuasi terhadap penanganan pohon tumbang yang menimpa tiga mobil di Kuningan, Jabar. (Foto: Damkar Kuningan)

"Ada pemilik mobil yang berlari untuk mengambil laptop. Kondisinya pohon tersebut sudah tumbang dan menimpa mobil-mobil yang diparkir di bawahnya," ucapnya. 

Dia menyebut, petugas gabungan dari BPBD dan Damkar Kuningan segera turun ke lokasi untuk melakukan penanganan.

"Kami menerima laporan sekitar pukul 10.02 WIB dan segera mengirim empat anggota piket regu tiga ke lokasi kejadian. Pembersihan dan evakuasi pohon dilakukan dalam waktu sekitar tiga jam," jelasnya. 

Menurutnya, tindakan yang dilakukan oleh petugas yakni pemotongan dan pembersihan pohon klengkeng yang tumbang.

"Situasi aman dan kondusif selama penanganan berlangsung. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian material dari tiga kendaraan roda empat diperkirakan mencapai Rp 100 juta," ungkapnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat, agar lebih berhati-hati dalam memarkirkan kendaraan. "Jangan memarkirkan kendaraan di bawah pohon yang usianya sudah tua. Selain itu, pohon yang sudah tua dan tinggi sebaiknya dipangkas untuk mencegah kejadian serupa," ujarnya.

Hambatan yang dihadapi petugas dalam penanganan adalah ukuran pohon yang cukup besar dan ranting yang banyak, sehingga memerlukan kehati-hatian ekstra.

"Kami berharap masyarakat dapat lebih waspada, dan segera melaporkan jika menemukan pohon-pohon yang berpotensi tumbang di lingkungan mereka," pungkasnya.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut