get app
inews
Aa Read Next : Program PTSL di Kabupaten Kuningan Baru Capai 52 persen

Longsor Tutup Akses Jalan Penghubung Antar Kecamatan di Kuningan, TNI Bantu Turun Tangan

Sabtu, 13 April 2024 | 21:45 WIB
header img
Prajurit TNI dari Kodim Kuningan, Jabar, turun tangan membantu pembersihan material longsoran tanah yang menutup akses jalan penghubung antar kecamatan. (Foto: Ist)

"Longsor juga terjadi di Jalan Desa Blok Dusun Babakan RT 08 RW 03 Desa Padahurip, Kecamatan Selajambe, Kuningan, dengan tinggi material menutupi jalan 3 meter dan lebar 10 meter. Lalu di Jalan Desa Blok Cipicung (Sanghiang) kondisi amblas dengan lebar 3 meter dan tinggi 10 meter," sebutnya. 

Selain itu, lanjutnya, longsor juga terjadi di Jalan Raya Cipasung-Subang Blok Luluk Desa Padahurip, longsor menutupi jalan dengan tinggi 30 meter dan lebar 15 meter. Kemudian di Blok Camas Dusun Belah RT 09 RW 04 Desa Cantilan, Kecamatan Selajambe sehingga menutup jalan raya Cipasung-Subang dengan panjang 40 meter tinggi 30 meter dengan ketebalan 4 meter. 

"Tanah longsor juga terjadi di Desa Cimenga Dusun I RT 07 RW 01 Blok Babakan Sari Kecamatan Darma dengan panjang 20 meter dan tinggi 10 meter," ujarnya. 

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, menjelaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat setempat untuk melakukan upaya penanganan.

"Di wilayah Kecamatan Darma, sedang dilakukan pengerukan oleh alat berat di Desa Cimenga, sementara di wilayah Kecamatan Selajambe, pengerukan dilakukan di perbatasan Desa Cantilan dan Desa Padahurip. Namun, pengerukan di Desa Padahurip belum dapat dilakukan karena akses alat berat terhalang di Desa Cimenga," ungkapnya.

Dandim Kuningan, Letkol Arh Kiki Aji Wiryawan dalam keterangan persnya, Sabtu (13/5), mengimbau kepada masyarakat Kuningan, terutama yang berada di daerah rawan longsor, untuk tetap waspada mengingat kondisi cuaca yang cukup ekstrem saat ini.

"Kepada masyarakat agar senantiasa berhati-hati dan waspada, terutama mengingat cuaca yang ekstrem. Untuk saat ini, penerangan hanya di Desa Padahurip yang terdampak mati listrik. Namun, kami telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengambil jalur arus listrik dari Desa Palasari-Ciamis," pungkasnya.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut