get app
inews
Aa Read Next : Bantu Warga, Kodim Kuningan Perbaiki Jalan Rusak di Pelosok Pedesaan

Kota Kuningan Siap Hadirkan Konsep Mirip Malioboro untuk Mempercantik Kota

Senin, 25 Maret 2024 | 20:44 WIB
header img
Kota Kuningan siap menghadirkan konsep Malioboro melalui Puspa Siliwangi dan Puspa Pelangi untuk mempercantik kota. (Foto: Ist)

Mereka menargetkan penyelesaian proyek ini dapat tercapai pada H+7 Lebaran Idul Fitri. "Jadi bersama tim akselerasi penyelesaian Pujasera dan Parkir Siliwangi atau yang dikenal sebagai 'Puspa Siliwangi', kami melakukan pemantauan pembangunan di SD 17. Alhamdulillah, progresnya cukup bagus sesuai dengan target," kata Sekda Dian.

"Diharapkan Puspa Siliwangi dapat difungsikan pada H+7 Lebaran nanti. Dengan kehadiran ini, diharapkan penataan kota Kuningan, khususnya Jalan Siliwangi, akan lebih optimal. Langkah ini diharapkan dapat mengurai kemacetan dan menertibkan PKL dengan menyediakan sarana pusat kuliner," tambahnya.

Lebih lanjut, Sekda Dian menyatakan bahwa sekitar 220 Pedagang Kaki Lima (PKL) di Siliwangi akan dipindahkan ke Lokasi Puspa Siliwangi. Lokasi ini diperkirakan dapat menampung sekitar 80 mobil dan 130 motor, yang artinya, kemacetan yang biasa terjadi di Jalan Siliwangi akan terurai dengan lebih baik.

Dalam hal ini, aspirasi dari Pj Bupati adalah agar lokasi ini menjadi lebih menarik dengan adanya tempat duduk, lampu tematik, dan ruang untuk panggung hiburan. Puspa Siliwangi diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif wisata kuliner yang menarik di pusat kota.

Sementara itu, di Langlangbuana yang akan diubah menjadi Puspa Pelangi, Sekda Dian menjelaskan bahwa sebelah selatan akan disediakan terminal delman hias/wisata, sesuai dengan kesepakatan dengan paguyuban setempat. Hal ini sesuai dengan aspirasi dari para pengurus DKM Syiarul Islam.

"Untuk sebelah utara, kami memproyeksikan parkiran kendaraan sekitar 60 motor dan 60 mobil. Di sini juga akan disediakan ruang untuk kuliner pedagang kaki lima yang sekarang beroperasi di sekitar kawasan Langlangbuana dan Syiarul Islam," jelasnya.

Dalam pengembangan ini, Sekda Dian juga mencatat bahwa bagian belakang bangunan Toko Siliwangi di sebelah timur terlihat kurang menarik. Oleh karena itu, mereka sedang merencanakan untuk mempercantiknya dengan pengecatan warna yang menarik, sehingga dapat menambah keindahan Puspa Pelangi.

"Dengan upaya ini, kami berharap Puspa Pelangi akan semakin mempercantik Kota Kuningan dan meningkatkan daya tariknya sebagai destinasi wisata yang menarik," tutup Sekda Dian.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut