get app
inews
Aa Read Next : Percepatan Perluasan Areal Tanam di Kuningan Terus Dilakukan, Targetkan 51 Ribu Hektare

Ketua Gerindra Kuningan Kritisi Penyelenggara Pemilu, Beberkan Sejumlah Persoalan

Jum'at, 01 Maret 2024 | 14:21 WIB
header img
Ketua DPC Partai Gerindra Kuningan, Jabar, H Dede Ismail. (Foto: Ist)

Ketika ditanya apakah sudah mempersiapkan data yang akurat untuk sanding data, Ia menjawab bahwa pihaknya sudah mempersiapkan hal itu.

"Bukti sudah kami kumpulkan, makanya saya minta nanti sanding data di dalam pleno di tingkat kabupaten. Karena pada saat C1 hasil kita ada menang 200 lebih, kemudian pada saat rekapitulasi di tingkat kecamatan itu berubah. Nah saya pernah marah-marah juga di PPK Pancalang ada kenaikan dari beberapa partai lain,” ujarnya.

Saat pihaknya ingin menyampaikan keluhan terkait kesulitan untuk sanding data kepada Bawaslu, Ia kecewa karena sulit dihubungi. Ditambah mendapat informasi diduga bahwa Bawaslu dan KPU bermain mata kepada salah satu peserta pemilu.

"Nanti kita lengkapi buktinya. Setelah lengkap kami akan laporkan ke DKPP, sehingga terang benderang mana yang benar mana yang salah. Jangan sampai unsur penyelenggara pemilu ini bermain-main. Sekarang nih kita sudah mengumpulkan buktinya. Ada beberapa percakapan juga rekaman nanti ada video juga kita akan coba kumpulkan,”bebernya lagi. 

Di sisi lain, Ketua Bawaslu Kuningan Firman membantah adanya anggapan sulit untuk dihubungi. Justru cukup terbuka untuk berkomunikasi dengan parpol maupun caleg.

"Jadi yang saya layani itu kan tidak hanya satu, tapi banyak yang lainnya juga. Nah, kalau untuk sanding data kami dari Bawaslu tidak bisa melakukannya. Karena itu dilakukan di tingkat PPK saat rekap tingkat kecamatan. Kalaupun komunikasi dengan Bawaslu untuk sanding data itu tidak bisa kami lakukan. Kalau di Bawaslu kan tidak memungkinkan, nah saat ini di pleno kabupaten sanding data bisa dilakukan. Kita ini kan bagian pengawasan bukan sanding data," terangnya.

Apalagi hari ini, Jumat (1/3), proses rekapitulasi suara pemilu tingkat kabupaten tengah berlangsung. Sehingga setiap peserta pemilu dapat melakukan sanding data saat proses rekapitulasi dilakukan.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut