get app
inews
Aa Read Next : Jumat Berkah, Bendahara Fraksi PKS Kuningan Bantu Warga Penderita Paru-paru

Damkar Kuningan Bersihkan Lumpur Akibat Luapan Sungai di Jalan Penghubung Desa

Jum'at, 16 Februari 2024 | 18:18 WIB
header img
Petugas Damkar melakukan pembersihan material lumpur di jalan penghubung desa Kecamatan Darma, Kuningan, Jabar. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Sebuah operasi pembersihan material lumpur telah dilaksanakan di Jalan Desa Karangsari, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan. Hal ini menyusul adanya laporan dari Kepala Desa Karangsari, Sahidi. 

Laporan tersebut mengungkapkan kebutuhan mendesak untuk mengatasi lumpur, yang menghalangi akses jalan pasca luapan sungai akibat hujan deras pada Kamis malam. Menanggapi permintaan tersebut, Tim UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kuningan segera bergerak ke lokasi.

Tim terdiri dari 5 anggota piket regu 1 menggunakan 1 unit kendaraan operasional dinas, berhasil melakukan penyemprotan dan pembersihan material lumpur dengan menggunakan air sebanyak 12.000 liter dalam waktu sekitar 1 jam 15 menit.

"Pembersihan ini merupakan respons cepat kami terhadap kejadian banjir yang membawa lumpur ke jalan, yang tidak hanya mengganggu, tapi juga membahayakan pengguna jalan karena kondisi licin," ujar Andri Arga Kusumah selaku Kepala UPT Damkar Kuningan, Jumat (16/2).

"Kami bergerak cepat setelah mendapat laporan dari Pak Sahidi, dan dengan bantuan warga setempat, kami berhasil membersihkan jalan dari lumpur," imbuhnya. 

Kejadian banjir yang disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi, memang sering kali membawa dampak seperti luapan sungai yang mengakibatkan naiknya air dan lumpur ke permukiman dan jalan. Ini menimbulkan kesulitan bagi warga untuk beraktivitas seperti biasa.

Operasi pembersihan ini diharapkan dapat memulihkan akses dan meminimalisir gangguan bagi warga Desa Karangsari. Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan, Andri Arga Kusumah, menghimbau warga untuk tetap waspada terhadap potensi banjir susulan, mengingat intensitas hujan yang masih tinggi.

Kegiatan pembersihan ini menunjukkan komitmen dari UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, dalam menanggapi situasi darurat dan membantu masyarakat yang terdampak bencana alam. Warga setempat diimbau untuk selalu berkoordinasi dengan pihak berwenang dan berpartisipasi dalam upaya-upaya preventif untuk mengurangi dampak dari bencana alam di masa yang akan datang.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut