get app
inews
Aa Read Next : Legislator Jabar Pimpin Rapat Perdana Fraksi Gerindra di Kuningan, Bahas Pilkada 2024

Gema Jabar Hejo Gandeng Pemkab Kuningan Penanaman Pohon dan Revitalisasi Mata Air di Puncak Manik

Minggu, 04 Februari 2024 | 11:37 WIB
header img
Sejumlah relawan lingkungan dari berbagai lapisan melakukan penanaman pohon dan revitalisasi mata air di Puncak Manik, Kecamatan Cimahi, Kuningan, Jabar. (Foto: Ist)

“Ini adalah bentuk semangat kolektif kita untuk meningkatkan kesadaran mencintai alam. Mari kita cintai alam dengan menjaga dan merawatnya, karena menanam pohon memiliki manfaat yang luas, mulai dari menyediakan oksigen, menjaga keseimbangan ekosistem, mengurangi polusi udara, hingga memperbaiki kualitas tanah,” ujar Sekda Dian.

Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga mata air sebagai anugerah alam yang tak ternilai. “Menanam adalah sebuah doa, permohonan kepada Allah SWT agar kita senantiasa mendapatkan keberkahan dari nikmat alam ini," tambah Sekda Dian.

Ketua Pelaksana Gema Jabar Hejo, Nanang Subarnas mengungkapkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan upaya maksimal dalam menghindari kerusakan lingkungan.

“Kerusakan lingkungan memiliki dampak jauh lebih besar daripada terorisme, karena berdampak kepada generasi kita dan anak cucu nanti,” kata Nanang, Minggu (4/2). Dalam kesempatan ini, Nanang juga menginformasikan bahwa Gema Jabar Hejo rutin menyelenggarakan kegiatan reboisasi dan revitalisasi mata air berdasarkan permintaan warga, sebagai bentuk sinergitas antar semua pihak.

“Kali ini, kami menanam sebanyak 500 pohon dengan berbagai jenis, di antaranya Ringging, Cengal pasir, dan lain-lain,” jelas Nanang.

Acara ini dihadiri oleh berbagai lembaga dan komunitas, termasuk BPBD Kuningan, Perhutani, Dinas Lingkungan Hidup Kuningan, serta pelajar dari SMPN 1 Kuningan dan komunitas lainnya yang turut serta dalam kegiatan penanaman. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk pelestarian alam, tetapi juga sebagai ajang edukasi dan pembelajaran bagi generasi muda agar lebih mencintai dan merawat lingkungan hidup.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut