get app
inews
Aa Read Next : Satu Calon Jemaah Haji asal Kuningan Meninggal Dunia Sehari Sebelum Pemberangkatan

BPBD Kuningan Berikan Bantuan untuk Warga Susukan yang Alami Musibah Rumah Ambruk

Jum'at, 26 Januari 2024 | 12:18 WIB
header img
BPBD Kabupaten Kuningan, Jabar, memberikan bantuan bagi warga yang mengalami musibah rumah ambruk. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - BPBD Kabupaten Kuningan, Jabar, memberikan bantuan kepada warga Desa Susukan, Kecamatan Cipicung, yang mengalami musibah rumah ambruk akibat hujan lebat disertai petir. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah sekaligus Kepala BPBD Kuningan, Dr Dian Rachmat Yanuar MSi saat kunjungan ke lokasi kejadian.

Camat Cipicung, Deni Hamdani SE KP MSi melaporkan bahwa kejadian ini berawal dari hujan lebat disertai petir pada Rabu (17/1). Akibat musibah itu menyebabkan rumah milik Wawan (55 tahun) ambruk.

Selain itu, terdapat kerusakan pada parabot dan barang-barang di dalam rumah. Penanganan darurat telah dilakukan oleh Aparat Desa bersama Aparat Kecamatan, TNI, POLRI, dan BPBD Kabupaten Kuningan.

Tim Assessment dan Bantuan Logistik dari BPBD telah turun ke lokasi, dan masyarakat setempat turut serta dalam pembersihan material rumah yang ambruk.

Kepala BPBD Kuningan, Dian Rachmat Yanuar menuturkan bahwa kunjungan tersebut adalah respons cepat sesuai arahan Pj Bupati Kuningan. Untuk sementara, pihaknya memberikan 10 sak semen, dan selanjutnya akan menyusul bantuan lain seperti pasir, batu split, genting, dan program stimulan lainnya untuk pembangunan rumah.

Bantuan serupa juga akan diberikan kepada titik bencana lain di wilayah tersebut. Ia bersama Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu SSTP MSi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah memberikan empati dan simpati.

Tak lupa, imbauan disampaikan kepada masyarakat untuk waspada terhadap perubahan cuaca, curah hujan, dan angin kencang. Terutama di wilayah Kuningan Selatan dan Timur yang rawan longsor.

“Mari kita berdoa agar Kuningan terlindungi dari segala bencana. Penting bagi kita semua untuk menjaga lingkungan dan alam demi keberlanjutan,” harapnya, Jumat (26/1).

Kepala Desa Cipicung, Toto bersama warga terdampak, Wawan, menyampaikan terima kasih atas respons cepat dan bantuan dari pemerintah daerah. Semoga bantuan tersebut dapat mempercepat proses pembangunan kembali rumah yang rusak.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut