get app
inews
Aa Read Next : Percepatan Perluasan Areal Tanam di Kuningan Terus Dilakukan, Targetkan 51 Ribu Hektare

KPU Tentukan 10 Titik Kampanye Terbuka, Tersebar di 5 Dapil Sewilayah Kuningan

Senin, 22 Januari 2024 | 10:05 WIB
header img
Komisioner KPU Kuningan, Aof Ahmad Musyafa selaku Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan SDM saat memberikan keterangan pers. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id – KPU Kabupaten Kuningan, Jabar, telah melaksanakan rapat koordinasi Persiapan Kampanye Rapat Umum Pemilihan Umum Tahun 2024 di Aula KPU Kuningan. Rakor dihadiri Forkompinda serta 18 peserta pemilu dari semua partai politik.

Komisioner KPU Kuningan, Aof Ahmad Musyafa selaku Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan SDM, memimpin rakor tersebut. Nantinya, kampanye dengan metode rapat umum  partai politik merujuk pada pada jadwal Kampanye Rapat Umum Calon Presiden dan Wakil Presiden sebagaimana diatur dalam PKPU nomor 78 Tahun 2024, tentang Penetapan Jadwal Kampanye Pemilihan umum Melalui Metode Rapat Umum dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

“Kampanye dengan metode umum dimulai pada tanggal 21 Januari 2024 sampai tanggal 8 Februari 2024. Yakni dengan memperhatikan amanat ketentuan Pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) PKPU nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum sebagaimana telah diubah dengan PKPU nomor 20 Tahun 2023," kata Aof.

Penyusunan dalam penetapan jadwal kampanye pemilu melalui metode rapat umum pada Pemilu 2024, lanjutnya, yaitu dengan mendengarkan masukan dan tanggapan dari pelaksana kampanye pemilu. Lokasi yang digunakan berdasarkan Surat Bupati nomor 270/29/01, yang menjadi acuan dikeluarkannya surat keputusan KPU Kuningan nomor 647 tahun 2023 terkait kampanye dengan metode rapat umum.

"Beberapa lokasi itu di antaranya untuk Zona 1 di Lapangan Cigugur dan Lapangan Gunung Keling, Zona 2 Lapangan Mandirancan dan Setianegara, Zona 3 Lapangan Pagundan dan Lapangan Purbaya Ciawigebang, Zona 4 Lapangan Ibrahim Aji dan Lapangan Cikaduwetan, serta Zona 5 yakni Lapangan Cageur dan Lapangan Kadugede. Rapat umum dimulai jam 9 pagi hingga jam 6 sore, dengan memghormati waktu ibadah di daerah setempat," terangnya.

"Jadi ada 10 lokasi dengan pembagian  5 zonasi berdasarkan dapil, dimana masing-masing zonasi terdapat 2 lapangan yang direkomendasikan untuk Kampanye aapat umum," imbuhnya.

Pihaknya mengimbau, bahwa peserta kampanye rapat umum untuk berkoordinasi dengan pihak desa terkait kaitan perizinan, serta Kepolisian untuk izin keramaian sesuai peraturan yang berlaku.

Diketahui, jika kampanye terbuka di Kabupaten Kuningan telah dimulai sejak Minggu (21/1). Setiap peserta pemilu dapat menggunakan sejumlah lapangan terbuka untuk melakukan kampanye atau rapat umum pemilu.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut