Logo Network
Network

Menyelusuri Keindahan Alam Leuwi Jurig, Destinasi Tersembunyi di Garut

Dindin AS
.
Minggu, 21 Januari 2024 | 20:30 WIB
Menyelusuri Keindahan Alam Leuwi Jurig, Destinasi Tersembunyi di Garut
Leuwi Jurig, sebuah destinasi wisata alam yang tersembunyi di pelosok Garut, menjadi magnet bagi wisatawan yang mencari pengalaman unik. (Foto: Ist)

GARUT,iNewsKuningan.id - Leuwi Jurig, sebuah destinasi wisata alam yang tersembunyi di pelosok Garut, menjadi magnet bagi wisatawan yang mencari pengalaman unik. Terletak di Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, keindahan Leuwi Jurig masih jarang diketahui banyak orang.

Meskipun namanya terkesan angker, Leuwi Jurig menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Nama Leuwi Jurig sendiri berasal dari bahasa Sunda, di mana 'leuwi' berarti kali dan 'jurig' berarti hantu.

Meski kerap dikaitkan dengan cerita mistis, destinasi ini menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Kawasan Leuwi Jurig pernah menjadi saksi tragedi dan insiden kecelakaan yang sayangnya merenggut korban jiwa. Kesan angker semakin terasa karena warga setempat sering mengaitkan insiden tragis dengan kisah mistis di dalamnya.

Bagi para wisatawan, ketertarikan untuk menjelajahi Leuwi Jurig muncul meski terdapat nuansa mistis. Destinasi ini menampilkan pemandangan kolam renang alami yang terletak di tengah tebing bebatuan, dengan air berwarna biru kehijauan yang menyejukkan. Keindahan alamnya bahkan dibandingkan dengan Grand Canyon di Amerika.

Selain bersantai di kolam renang alami, pengunjung dapat menikmati aktivitas seperti berenang dan body rafting. Keunikan Leuwi Jurig juga menjadi latar belakang yang instagramable untuk swafoto.

Meski dikelola oleh masyarakat sekitar dengan fasilitas sederhana, Leuwi Jurig menawarkan pengalaman berharga dengan harga tiket masuk yang terjangkau, hanya Rp5 ribu per orang. Biaya tambahan untuk parkir kendaraan motor Rp3 ribu dan mobil Rp5 ribu.

Walau jalur menuju Leuwi Jurig cukup sulit dijangkau, pengunjung akan dibayar dengan panorama alam indah selama perjalanan menuju lokasi. Jarak tempuh dari pusat kota Garut sekitar 67 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Para wisatawan disarankan untuk berkunjung pada pagi atau siang hari guna menikmati keindahan alam Leuwi Jurig secara maksimal. Bagi yang penasaran, ajak keluarga untuk berlibur ke Garut, tetapi pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu harga tiket masuk dan tarif sewa fasilitas yang mungkin mengalami perubahan.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.