Logo Network
Network

Batu Patapaan Garut, Wisata Alam yang Menyimpan Sejuta Pesona dan Sejarah Pertapaan

Dindin AS
.
Sabtu, 06 Januari 2024 | 15:13 WIB
Batu Patapaan Garut, Wisata Alam yang Menyimpan Sejuta Pesona dan Sejarah Pertapaan
Wisata alam Tebing Batu Patapaan di Garut, Jawa Barat. (Foto: Ist)

GARUT,iNewsKuningan.id -  Di Kabupaten Garut, Jawa Barat, terdapat suatu destinasi wisata alam yang masih asri dan menyimpan keindahan yang memukau, yaitu Batu Patapaan. Terletak di wilayah Garut bagian selatan, Batu Patapaan menawarkan pesona alam yang memikat dan konon pernah menjadi tempat pertapaan.

Batu Patapaan yang juga dikenal sebagai Batu Bantal, Batu Kursi, dan Batu Bendera Pajajaran, merupakan tumpukan batu besar yang menghiasi puncak bukit. Legenda menyebutkan bahwa tempat ini dulunya digunakan sebagai lokasi pertapaan, menambah kesan mistis dan sejarah pada destinasi ini.

Daya tarik utama Batu Patapaan adalah panorama alam indah yang disuguhkan oleh tebing-tebing dan tumpukan batu yang mengelilinginya. Dikelilingi oleh pegunungan, destinasi ini memberikan pengalaman wisata alam yang menenangkan dan menakjubkan.

Selain sebagai tempat berswafoto dengan latar belakang alam yang instagramable, Batu Patapaan juga menjadi spot wall climbing dengan delapan titik jalur pemanjatan berbagai tingkat kesulitan. Aktivitas ini menambah keberagaman pengalaman wisata bagi pengunjung yang mencari tantangan dan kegiatan petualangan.

Meskipun belum banyak dikenal, Batu Patapaan Garut mudah diakses dari pemukiman warga dan berdekatan dengan wisata alternatif, Batu Tumpang. Lokasi yang terletak di Desa Cipangramatan, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

Menariknya, Batu Patapaan tidak memungut biaya tiket masuk sehingga dapat dinikmati oleh siapa saja tanpa hambatan. Meski belum memiliki pengelolaan resmi, kealamian dan keasrian Batu Patapaan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta alam dan wisatawan yang mencari pengalaman berbeda.

Bagi wisatawan yang berlibur ke Garut, Batu Patapaan menjadi destinasi yang sayang untuk dilewatkan. Jelajahi keindahan alam yang masih alami dan rasakan atmosfer sejarah pertapaan yang membekas di Batu Patapaan, destinasi wisata yang menyimpan sejuta pesona.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.