Logo Network
Network

Memprihatinkan, Jamaah Mushola di Garut Berwudhu Pakai Air Keruh

Fani Ferdiansyah
.
Sabtu, 01 April 2023 | 16:12 WIB
Memprihatinkan, Jamaah Mushola di Garut Berwudhu Pakai Air Keruh
Jamaah mushola di Garut berwudhu pakai air keruh Foto: MPI

GARUT, iNewsKuningan.id - Jamaah sebuah mushola yang berada di Kampung Maningkut, Desa Banjarwangi, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, berwudhu pakai air keruh. Air itu berada ada di sebuah kolam kecil dangkal yang terletak dekat dengan pintu masuk.

Selain untuk berwudhu, air itu juga tampak dipakai jamaah lainnya untuk mencuci kaki dengan cara merendamkannya ke kolam sebelum memasuki mushola. Air tersebut berasal dari mata air yang dihubungkan melalui talang bambu.

Air di kolam ini sebenarnya tidak keruh jika di musim kemarau. Namun penggunaan kolam untuk berwudu, berkumur, dan merendamkan kaki di saat yang bersamaan tetap membuat air menjadi keruh.

Jika musim hujan, air di kolam ukuran dua kulah ini menjadi sangat kecokelatan karena bercampur tanah. Sebab saluran menuju ke musala mesti melewati selokan.

Tidak ada pilihan, warga tetap berwudu kendati air kotor. Mereka berkumur-kumur, membasuh muka, mencuci tangan dan kaki. Hal tersebut tergambar dalam video yang diunggah akun Instagram @husnicahyagumilar, seorang konten kreator asal Banjarwangi.

"Jika musim kemarau, air ke musala ini habis di jalan. Kalau tidak, air yang mengalir sangat kecil," ujar Husni Cahya Gumilar saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Sabtu (1/4/23).

Husni Cahya Gumilar mengatakan, jarak dari sumber air ke musala sekitar 300 meter. Selain digunakan berwudu, warga setempat kerap mengkonsumsi air tersebut untuk diminum.

"Biasanya warga menampung air untuk minum ketika kondisi air masih jernih. Jadi mereka memiliki stok air bersih disaat musim hujan seperti sekarang. Mereka menyimpannya di ember, kompan atau jeriken," katanya.

Menurut pria yang berprofesi sebagai guru itu, kebiasaan para jemaah berwudu di kolam ini sudah dilakukan bertahun-tahun lamanya.

"Melihat bangunan musala yang sudah lapuk, sebagian tembok rusak dan platformnya yang menghitam, diperkirakan warga di sini sudah lama menggunakan fasilitas wudu di kolam," paparnya.

Di mushola yang dapat menampung sekitar 20 jamaah tersebut, lanjutnya, masyarakat sekitar belum mampu membangun tempat wudu yang memadai. "Mereka mengharapkan fasilitas ibadah yang lebih baik dan nyaman," ungkap Husni Cahya Gumilar.

Jika memiliki cukup dana, warga pengurus musala ini akan merenovasi tempat wudu tersebut agar menjadi lebih baik, seperti pemasangan slang untuk dihubungkan ke mata air, memasang beberapa kran air sebagai tempat berwudu, menutup sebagian kolam, hingga membuat jamban. Namun, keterbatasan biaya menghambat sejumlah rencana ini.

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.