get app
inews
Aa
Read Next : Mantan Bupati Kuningan Kembali Kritis, Begini Keterangan Pihak Keluarga Acep Purnama

Asal-Usul Kuningan Dijuluki Kota Kuda

Rabu, 04 Januari 2023 | 10:58 WIB
header img
Asal usul Kuningan dijuluki Kota Kuda. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsKuningan.id Asal usul Kuningan dijuluki Kota Kuda. Kuningan adalah salah satu wilayah yang terletak di Provinsi Jawa Barat, kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Cirebon di utara, Kabupaten Brebes (Jawa Tengah) di timur, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah) di Selatan, dan Kabupaten Majalengka di barat. 

Kuda merupakan ikon dari kabupaten ini dan dianggap merupakan hewan perwujudan dari Si Windu. Kuda gesit tersebut milik keluarga Arya Kamuning, seorang pemimpin wilayah ini pada zaman Kesultanan Cirebon dan Pajang.

Lantas bagai mana asal usul Kuningan dijuluki Kota Kuda?. Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (4/1/2023) berikut asal usul Kuningan dijuluki Kota Kuda.

Asal usul Kuningan dijuluki Kota Kuda:

1. Sosok Windu Kuda Pemberian Sunan Gunung Jati

Windu merupakan kuda pemberian dari Sunan Gunung Jati pada abad ke 15. Sebagai hadiah atas kepiawaian Adipati Ewangga (Senopati atau Panglima Perang) Kuningan, dalam melakukan strategi peperangan. Ewangga sendiri dikenal sebagai ahli militer dari negeri Parahyangan yang memang jago dalam berperang.

2. Windu Memiliki Kekuatan yang luar biasa

Kuda Windu menupakan kuda yang memiliiki kekuatan yang luar biasa dibanding kuda lainya. kuda putih itu merupakan hasil kawin silang dari kuda Sumbawa dan kuda milik Hadiwijaya atau Jaka Tingkir (Sultan Kerajaan Pajang).

Kekuatan kuda Windu ini pernah dilakukan Wangga yakni dengan melakukan perjalanan Cirebon-Kuningan dengan waktu yang cukup singkat. Padahal dengan mengunakan kuda biasa dan rute yang lama akan memakan waktu yang cukup lama.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut