Logo Network
Network

Kaesang dan Erina Resmi Menjadi Suami Istri, Ini 7 Rangkaian Adat Jawa di Pernikahan Mereka

Dekur
.
Sabtu, 10 Desember 2022 | 13:29 WIB
Kaesang dan Erina Resmi Menjadi Suami Istri, Ini 7 Rangkaian Adat Jawa di Pernikahan Mereka
Kaesang dan Erina resmi menjadi suami istri, ini 7 Rangkaian adat jawa di pernikahan mereka. (FOTO: IG)

JAKARTA, iNewsKuningan.idKaesang dan Erina resmi menjadi suami istri, ini 7 Rangkaian adat jawa di pernikahan mereka. Tujuh rangkaian adat jawa di pernikahan Kaesang dan Erina, dari adat pingitan hingga sungkeman. 

Sederetan rangkaian adat jawa yang cukup kental terlihat saat pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo.

Pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan pada Sabtu 10 Desember 2022 di Pendopo Royal Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta . Dalam prosesi pernikahannya, Kaesang dan Erina sepakat untuk memiliki adat Jawa. 

Adat jawa tersebut mulai digunakan pada waktu sebelum akad nikah dan juga setelah prosesi ijab kabulnya. Untuk lebih lengkapnya tentang rangkaian adat Jawa apa saja yang masuk dalam proses pernikahan Kaesang Erina, akan dibahas dalam artikel ini.

Lantas apa saja rangkaian adat jawa di pernikahan Kaesang dan Erina?. Dikutip dari Sindonews.com, Sabtu (10/12/2022) berikut rangkaian adat jawa di pernikahan Kaesang dan Erina.

Rangkaian adat jawa di pernikahan Kaesang dan Erina:

7. Sungkeman 

Sungkeman merupakan prosesi adat yang dilaksanakan setelah prosesi ijab kabul berlangsung. Upacara ini bertujuan sebagai bentuk tanda bakti dan hormat dari seorang anak kepada kedua orang tuanya. Sungkeman ini dilakukan secara bergantian baik dari Kaesang ke ibu dari Erina dan Erina kepada kedua orang tua Kaesang.

6. Akad Nikah 

Akad nikah yang dilaksanakan oleh Kaesang dan Erina selain hanya mengucapkan kalimat ijab dan kabul, kedua mempelai juga melaksanakan beberapa upacara. Upacara yang biasanya dilakukan adalah upacara injak, bubak kawah, kacar kucur dahar kalimah dan juga dulangan. 

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.