9 Negara yang Hilang dari Peta Dunia

Dede Kurniawan/Net Kuningan
.
Sabtu, 10 September 2022 | 08:36 WIB
Sembilan negara yang hilang dari pera dunia. (Foto: musiumnasional/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sembilan negara yang hilang dari pera dunia. Tahukah kamu jika tujuh negara ini ternyata telah hilang dari peta dunia? Terdapat sejumlah negara di dunia yang kini hilang dari peta karena beberapa alasan.

Ada sejumlah negara besar yang hilang dari peta dunia. Sebagian negara tersebut hilang karena berganti nama, bergabung atau terpisah menjadi entitas baru, dan kehilangan kedaulatan karena diambil alih negara lain. Tidak hanya negara-negara kecil, negara yang besar juga hilang dari peta dunia.

Negara merupakan suatu wilayah tertentu yang luas memiliki batas, merdeka, serta diakui kedaulatannya yang setiap warga negaranya akan terikat peraturan-peraturan yang berlaku. Negara ada karena negara merupakan syarat untuk membangun sistem pemerintahan,yang mengatur makhluk sosial serta berpartisipasi untuk membangun negara.

Lantas negara mana mana saja yang hilang dari peta dunia, dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (10/9/2022) berikut daftar negara yang hilang dari pera dunia.

9 negara yang hilang dari pera dunia:

1. Jerman Barat dan Jerman Timur 

Pasca Perang Dunia II, Jerman dibagi menjadi dua negara, yakni Jerman Barat dan Jerman Timur. Jerman Barat dikuasai Amerika Serikat dan sekutunya, sedangkan Jerman Timur dikuasai Uni Soviet. 

Kemudian pada 1961 didirikan tembok pemisah kedua negara yang disebut dengan Tembok Berlin. 30 tahun berdiri, tembok ini kemudian diruntuhkan, tepatnya pada 1990 ketika penyatuan Jerman Barat dan Jerman Timur yang menandai berakhirnya perang dingin.

2. Uni Soviet 

Uni Soviet merupakan federasi beberapa negara berpaham sosialis-komunisme yang sudah berdiri sejak 1922 bernama Republic Socialist Soviet (RSS).

Mengutip Bloomberg, Uni Soviet secara resmi runtuh pada 25 Desember 1991. Negara ini memiliki luas 8.649.500 mil dan menjadikan negara Soviet sebagai negara terluas di dunia saat itu. Uni Soviet runtuh dan dinyatakan bubar pada 26 Desember 1991. Setelah runtuh, Uni Soviet terpecah menjadi sebanyak 15 negara yang menyatakan status merdeka.

3. Ceylon  

Ceylon Berdiri sejak abad ke-6 sebelum masehi, saat itu Suku Sinhala tiba di negara tersebut. Kelompok itu hidup damai, sampai dinasti India selatan merebut kekuasaan dan mendirikan Kerajaan Tamil pada abad ke-15. 

Dua abad berikutnya, Ceylon diduduki oleh Portugis dan Belanda. Pada 1976, Ceylon diserahkan kepada Inggris.  

Pada 1948, negara ini berhasil meraih kemerdekaan. Pada 1972, Ceylon berubah nama menjadi Sri Lanka untuk meninggalkan bekas kolonial. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini