Logo Network
Network

14 Fakta dan Kebiasaan Unik Orang Sunda, Salah Satunya Penggemar Petai dan Jengkol

Reza Rizki Saputra/Net Kuningan
.
Selasa, 30 Agustus 2022 | 20:58 WIB
14 Fakta dan Kebiasaan Unik Orang Sunda, Salah Satunya Penggemar Petai dan Jengkol
Empat belas fakta dan kebiasaan unik orang Sunda, salah satunya penggemar petai dan jengkol. (Foto: DOK.iNews.id)

Nilai-nilai etik itu menjadi acuan perilaku masyarakat Suku Sunda secara umum. 

Berikut 14 Fakta dan Kebiasaan Unik Orang Sunda: 

1. Sopan, Ramah, dan Murah Senyum 

Fakta dan kebiasaan unik orang sunda yang pertama yaitu sopan, ramah dan murah senyum. Orang Sunda memiliki pedoman hidup saling menghargai sesama. Maka dari itu, masyarakat Suku Sunda akan selalu ramah senyum serta sopan kepada siapa saja termasuk kepada orang yang belum dikenalnya.  

Seperti istilah kawas gula eujeung peueut yang memiliki arti seperti gula dengan hidup harus rukun saling menyayangi, tidak pernah berselisih. Masyarakat Sunda menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan kesopanan. Itulah mengapa orang Sunda dikenal murah hati seperti filosofi someah hade ka semah yang artinya, ramah, bersikap baik, dan memuliakan tamu atau orang lain. 

2. Pelafalan Huruf F Sering Dibaca P 

Fakta dan kebiasaan unik orang Sunda berikutnya yaitu sering menyebut huruf F dibaca P atau V menjadi P. Hal ini dikarenakan huruf tersebut tidak dikenal dalam aksara Sunda (Kaganga) pada zaman dahulu. 

Sehingga menciptakan sebuah kebiasaan turun temurun, meskipun tidak semuanya demikian. Contoh, fitnah sering dibaca pitnah.  Konferensi sering dibaca oleh mereka Konperensi. 

3. Logat Berbicara yang Khas 

Setiap suku di Indonesia pasti memiliki logat atau dialek khas ketika berbicara. Begitupun dengan masyarakat Suku Sunda. Biasanya orang Sunda berbicara dengan logat mendayu-dayu seperti ada nada bergelombang.  

Dari logat bicaranya saja kita dapat mengetahui jika mereka orang Sunda. Ketika berbicara menggunakan bahasa Indonesia pun akan tetap terdengar logat Sundanya. Mereka memiliki intonasi masing-masing yang kadang terdengar lucu bagi sebagian orang.

4. Lucu dan Humoris 

Fakta dan kebiasaan unik orang Sunda berikutnya yaitu lucu dan humoris. Mayoritas masyarakat Suku Sunda memiliki selera humor yang tinggi. 

Terbukti dari beberapa tokoh dan publik figur yang dikenal humoris seperti Sule, Ridwan Kamil, dan masih banyak lagi. Terdapat beberapa jenis lawakan dari Suku Sunda yang dikenal dengan nama sisindiran, yaitu sejenis pantun ala Sunda yang selalu berisi sampiran dan isi yang lucu. 

Lalu ada dongeng lucu ala cangehgar hingga dari ceramah lucu yang sering dihadirkan oleh mubaligh dari Sunda. Selain itu terdapat pula lawakan Ohang, Bobodoran Wayang Golek, dan masih banyak lainnya. 

5. Ketika Berbicara Sering Menambah Kata Teh, Atuh, dan Mah 

Fakta dan kebiasaan unik orang Sunda selanjutnya adalah penambahan pada perkataan. Contoh: “Saya teh asli Sunda”, “Kumaha atuh ari kitu mah?”. 

Terdapat sesuatu yang unik dari penambahan kata tersebut, yaitu tidak memiliki perubahan arti. Namun hal tersebut tetap diucapkan sampai sekarang. 

Orang Sunda telah terbiasa dengan penambahan kata tersebut dan dianggap sebagai keunikan yang mereka miliki. 

6. Menjunjung Tinggi Budaya 

Masyarakat Suku Sunda dikenal sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi budayanya. Maka tak heran, jika mengunjungi beberapa wilayah di Jawa Barat, kalian akan banyak menemui cagar budaya asli yang masih terus dilestarikan. 

Contohnya pertunjukan angklung, sisingaan, dan lain sebagainya. Hal itu tentu sangat bagus untuk memperkenalkan seni budaya Sunda ke berbagai daerah lain hingga mancanegara.

7. Memiliki Tekstur Wajah dan Kulit yang Khas

Selain dari beberapa sifat dan sikap yang unik, orang Sunda pun dikenal memiliki tekstur wajah serta kulitnya yang khas. Keturunan Suku Sunda biasanya akan memiliki tekstur wajah kalem dan kulit putih atau sawo matang.  

Orang Sunda dapat dikatakan sebagai suku yang memiliki warna kulit cenderung putih, sehingga tampak menarik di Indonesia yang mayoritas memiliki warna kulit sawo matang hingga cokelat.

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.