7 Cara Bedakan Emas Asli dan Kuningan

Dede Kurniawan/Net Kuningan
.
Rabu, 24 Agustus 2022 | 12:05 WIB
Tujuh cara bedakan emas asli dan Kuningan. (Foto: Instagram)

6. Harga

Apabila dilihat dari harganya emas asli memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan kuningan. Tergantung tingkat campurannya.

5. Cap Permukaan

Kuningan memiliki cap di permukaan berupa kata “brass”. Tidak hanya di permukaan terkadang juga diukir di dalam potongan logam.

4. Besaran Karat

Karat merupakan ukuran untuk kemurnian emas. Pada emas murni akan tertulis sebesar 24 karat sedangkan kuningan tidak ada.

3. Kepadatan Logam

Kamu dapat melempar emas dan kuningan secara bersamaan. Bandingkan berat keduanya. Emas memiliki kepadatan yang lebih berat daripada Kuningan.

2. Perbedaan Fisik

Untuk menguji perbedaan fisik antara emas dan kuningan, kamu dapat mencobanya dengan menggosokkan keduanya di keramik. Setelah digosok, emas akan meninggalkan bekas keemasan pada keramik sedangkan kuningan akan meninggalkan bekas kehitaman.

1. Perbedaan Warna

Walaupun sekilas memiliki warna yang sama, emas dan kuningan memiliki perbedaan warna yang cukup kentara. Emas memiliki warna kuning yang berkilau sedangkan kuningan memiliki kuning yang kusam dan tidak terlalu mengkilat. Warna kuning yang dimiliki emas pun lebih kuat ketimbang kuningan.

Itulah 7 cara membedakan emas asli dan Kuningan, semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini