get app
inews
Aa Read Next : KPK Turun Tangan Soal Penyaluran Dana UMKM 2012-2023 di Jabar yang Diduga Fiktif

Buruan Daftar UMKM Online, Cek Link dan Persyaratannya

Jum'at, 15 Juli 2022 | 16:16 WIB
header img
Daftar UMKM online mudah dan cepat (Foto: Ilustrasi/doc.iNews.id)

BAGI pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), kini tak perlu bingung lagi untuk mendaftarkan usahanya, pemerintah membuka lebar peluang dengan mempermudah pengurusan legalitas bagi UMKM. Pendaftaran dapat dilakukan secara online menggunakan ponsel, tentunya dengan persyaratan yang juga mudah.

Pendaftaran merek bagi UMKM ini merupakan hal sangat penting dalam bisnis. Pendaftaran ini menjadi penting khususnya bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan bisnis rintisan berbasis digital atau startup. Hal ini disebabkan karena pendaftaran bagi UMKM ini memberi perlindungan hukum bagi para pelaku usaha agar merek dagangnya tidak digunakan pihak lain.

Namun, bagi UMKM yang ingin mendaftarkan bisnisnya agar semakin berkembang, Anda harus mendapat Izin Usaha Mikro Dan Kecil (IUMK) dari OSS yang dapat diakses di oss.go.id. OSS ini merupakan lembaga yang menangani setiap perizinan semua industri, termasuk perdagangan. Jika pelaku bisnis tidak mendapatkan izin dari OSS, maka usaha atau bisnis Anda akan sulit untuk terdaftar dengan program apapun termasuk juga bantuan subsidi dari pemerintah.

Adapun persyaratan yang perlu Anda perhatikan sebelum mendaftarkan usaha Anda, yakni wajib memiliki KTP bagi Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang masih aktif dan berlaku, memiliki usaha yang kerajinan, warung, restoran atau makanan, dan lainnya.

Kemudian, paral pelaku usaha yang bisa mendaftakan UMKMnya hanya berlaku bagi pelaku usaha yang tidak bekerja sebagai PNS, TNI atau Polri, kemudian mempunyai IUMK, dan memiliki Surat Keterangan Usaha (SKU) bagi yang memiliki KTP dengan domisili berbeda dari alamat usaha.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut