Pohon Tumbang di Wisata Kolam Ikan Dewa Kuningan, Kerugian Materil Dialami Pengelola

Andri Yanto
Sejumlah petugas BPBD Kuningan saat melakukan penanganan pohon berukuran besar tumbang di Objek Wisata Balong Girang Cigugur, Kuningan, Jabar. (Foto: BPBD Kuningan)

Selain merusak pagar tembok dan beberapa fasilitas wisata, pohon tumbang ini juga menyebabkan kerusakan pada kolam ikan dewa, salah satu daya tarik utama di Balong Girang. Diperkirakan kerugian materil meliputi robohnya pagar tembok dan kerusakan tiga unit gazebo, dengan total kerugian yang belum dapat dipastikan.

Indra Bayu menambahkan, BPBD Kuningan telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk PDAM, TNGC, aparat kelurahan dan kecamatan, serta TNI dan Polri untuk menangani dampak kejadian ini.

"Kami menurunkan tim assessment dan penanganan, serta dibantu oleh pengelola Objek Wisata Balong Girang untuk melakukan pemangkasan dan pembersihan material pohon yang tumbang,”katanya.

Penanganan darurat dilakukan dengan menggunakan alat-alat seperti chainsaw, karmantel, carabiner, dan pulley untuk membersihkan material pohon yang menimpa kolam ikan dan gazebo terapi ikan. Penanganan darurat telah dimulai sejak Kamis (12/9), dan proses pembersihan lanjutan pada hari ini, Jumat (13/9).

Pihaknya akan terus memantau kondisi di lapangan, untuk memastikan tidak ada potensi bahaya lain yang mengancam keselamatan pengunjung dan fasilitas di objek wisata tersebut.

"Dalam situasi seperti ini, kerja sama semua pihak sangat diperlukan. Kami berharap semoga kejadian serupa tidak terulang dan masyarakat dapat lebih waspada terhadap kondisi lingkungan sekitar, terutama saat cuaca ekstrem," pungkasnya.***

Editor : Andri Yanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network