Sekda Dian dan Rokhmat Ardiyan Kompak Hadiri Tradisi Babarit di Darma, Kuningan

Andri Yanto
Sekda Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar bersama H Rokhmat Ardiyan kompak hadir pada sebuah acara Babarit di wilayah Darma, Kuningan, Jabar. (Foto: Andri)

"Babarit bukan sekadar syukuran, tetapi juga mengandung nilai-nilai silaturahmi dan kebersamaan," kata Sekda Dian, Selasa (23/7).

Ia menekankan, bahwa tradisi Babarit memberikan spirit dan inspirasi bagi desa-desa lain. "Di tengah kemajuan zaman, Desa Cageur terus mempertahankan tradisi Babarit yang menyampaikan pesan penting tentang menjaga lingkungan dan menghidupkan semangat kebersamaan atau gotong royong," ujarnya.

"Desa harus kuat dengan sejarah dan tradisinya. Babarit memiliki nilai wujud syukur atas limpahan yang diberikan Allah SWT, juga sebagai ajang refleksi untuk terus memperbaiki diri demi kemajuan desa, tanpa meninggalkan tradisi," imbuhnya.

Sementara H Rokhmat Ardiyan turut menyampaikan rasa bangganya terhadap kekompakan dan kerukunan masyarakat Desa Cageur. "Guyub dan rukun adalah modal utama kita. Untuk itu, hidup yang singkat ini mari jadikan setiap momen untuk berbuat baik," katanya.

Menurutnya, tradisi Babarit yang sarat dengan gotong royong ini harus tetap lestari. Ia juga menekankan pentingnya menjaga hutan di sekitar Desa Cageur untuk keseimbangan ekosistem.

Kepala Desa Cageur, Didi Muhadi menyampaikan, bahwa tradisi Babarit Lembur ini berjalan dari tahun ke tahun tanpa pernah terputus.

"Hal menarik dari acara ini adalah kidung yang ditembangkan. Yakni seperti Kidung Lahir Bathin, Sang Golewang, Silih Asih, Titip Pageuh, Panangis, Renggong Buyut, Kembang Beurem, dan Raja Pulang," pungkasnya.(*)

Editor : Andri Yanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network