Panwaslu Darma Siap Kawal Suara Pemilu Jelang Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Kuningan

Andri Yanto
Jajaran Panwaslu Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jabar, siap untuk terus mengawal suara pemilu yang telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024. (Foto: Andri)

Dia menyebut, semua proses pengawasan mulai dari kampanye hingga pemungutan suara dibantu sebanyak 165 personel PTPS se Kecamatan Darma. Mereka mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara di masing-masing TPS yang tersebar di 19 desa.

“Penghitungan suara di tingkat KPPS bukanlah akhir untuk menentukan hasil ahkir dari pemilu. Namun akan dilaksanakan rekapitulasi hasil secara berjenjang, sesuai dengan kewenangan di masing-masing tingkatan,” ucapnya.

Pihaknya mengaku, selalu mengawasi pelaksanaan rekapitulasi yang dilaksanakan oleh PPK pada 17 Februari 2024. Proses rekapitulasi tentu harus disaksikan para saksi yang menjadi pihak yang paling berkepentingan.

“Kami mengawal betul agar proses rekapitulasi tingkat kecamatan benar-benar sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” kata Jajang didampingi Idris SPd sebagai kordiv PPPS dan Eeng Hidayat SPdI selaku Kordiv P2HM.

Apalagi saat ini, lanjutnya, berbagai informasi kepemiluan sangat mudah didapat masyarakat luas. Akses informasi bisa melalui website penyelenggara pemilu baik yang disediakan Bawaslu maupun KPU, dan kanal media sosial lembaga penyelenggara pemilu menjadi sarana transformasi informasi berbasis digital.

“Untuk diketahui bersama, bahwa proses rekapitulasi perolehan suara pasca pemungutan dan penghitungan suara di seluruh TPS itu belum selesai. Sebab akan dilaksanakan rekapitulasi berjenjang ke tingkat pusat yang dilaksanakan KPU RI dengan pengawasan Bawaslu RI. Nah hasil perolehan suara parpol maupun calon itu secara resmi melalui pleno rekapitulasi, dengan dihadiri para saksi peserta pemilu,” bebernya.

Oleh sebab itu, Ia melihat, suksesnya pelaksanaan pemilu tentu tidak lepas dari keterlibatan semua pihak. Pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat dalam memilih calon pemimpin untuk 5 tahun ke depan, dan menjadi hajat besar yang telah direspon baik oleh semua kalangan.

“Tentu kami akan tetap mengawal proses demokrasi ini berjalan baik, karena ini adalah suara rakyat,” tukasnya.

Tak lupa, pihaknya mengucapkan, terima kasih kepada forkompimcam Darma, kontestan berikut tim kampaye, tokoh masyarakat dan pemerintahan desa serta rekan-rekan PKD dan PTPS yang telah bersama-sama mensukseskan dari setiap tahapan pemilu.(*)

Editor : Andri Yanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network