14 Fakta dan Kebiasaan Unik Orang Sunda, Salah Satunya Penggemar Petai dan Jengkol

Reza Rizki Saputra/Net Kuningan
Empat belas fakta dan kebiasaan unik orang Sunda, salah satunya penggemar petai dan jengkol. (Foto: DOK.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Empat belas fakta dan kebiasaan unik orang Sunda, salah satunya penggemar petai dan jengkol. Fakta dan Kebiasaan Unik Orang Sunda, mungkin Anda sudah tahu ciri khasnya.

Tetapi untuk tahu lebih lengkap tentang orang Sunda, simak artikel berikut. Suku Sunda merupakan kelompok etnis di bagian barat Pulau Jawa. 

Tatar Pasundan mencakup wilayah administrasi Provinsi Jawa Barat, Banten, Jakarta dan wilayah barat Jawa Tengah, seperti Cilacap dan Banyumas. 

Populasi Suku Sunda secara signifikan juga dapat ditemukan di wilayah provinsi lain di Indonesia maupun luar negeri, seperti, Jepang, Taiwan, dan negara lain yang menjadi tempat penyebaran Suku Sunda. Dalam melakukan interaksi sosial, masyarakat Sunda dituntut untuk mematuhi berbagai nilai budaya yang berlaku dalam kehidupan. 

Di antaranya yang berhubungan dengan etika Sunda. Di lingkungan sosial budaya Suku Sunda terdapat ungkapan ciri sabumi cara sadesa yang artinya, beda tempat, berbeda pula adat istiadat, budaya, dan kebiasaannya. 

Ungkapan tersebut menekankan, setiap lingkungan ada adat istiadat yang mempengaruhi perilaku masyarakatnya. Apabila ungkapan tersebut dikaitkan dengan etika, dapat dikatakan masyarakat Sunda memiliki kesadaran di setiap lingkungan sosial budaya, tak terkecuali lingkungan Suku Sunda, tentu memiliki nilai-nilai etik yang diterima dan disepakati. 

Editor : Miftahudin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network