get app
inews
Aa Read Next : Polantas Kuningan Salurkan Bantuan Sembako Gratis ke Pondok Pesantren Al Muttaqien

Tingkatkan Literasi Sejak Dini, SMA IT Manba'ul Huda Kuningan Lomba Puisi dan Pidato Kebangsaan

Senin, 02 September 2024 | 14:46 WIB
header img
SMA IT Manba'ul Huda di Kuningan, Jabar, mengadakan Lomba Puisi dan Pidato Kebangsaan bagi pelajar tingkat SMP/MTs demi tingkatkan literasi sejak dini. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - SMA IT Manba'ul Huda di Kabupaten Kuningan, Jabar, sukses menyelenggarakan Lomba Puisi dan Pidato Kebangsaan tingkat SMP/MTs sederajat. Acara yang berlangsung di Yayasan Manba'ul Huda Sidaraja ini, merupakan bagian dari peringatan HUT ke-79 RI dan Hari Jadi ke-526 Kuningan.

Ketua Panitia, Asep Saepul Milah menuturkan, bahwa acara yang baru pertama kali digelar ini mendapat respons positif dari para peserta.

"Tema yang kami angkat adalah Mari Kita Isi Kemerdekaan dengan Meraih Prestasi. Melihat antusiasme peserta, Kepala Sekolah SMA IT Manba'ul Huda Bapak Ato Sugiarto menyarankan agar tahun depan digelar dengan cakupan wilayah yang lebih luas, yakni se-wilayah Ciayumajakuning," ujarnya, Senin (2/9).

Menurutnya, tujuan perlombaan untuk memberikan ruang bagi siswa dalam mengekspresikan diri melalui puisi dan pidato, sebagai bentuk ekspresi kreatif di mana mereka dapat menyuarakan perasaan, pemikiran, dan pengalaman pribadi. Mengingat minat siswa terhadap puisi yang kian menurun akibat perkembangan teknologi, lomba ini juga menjadi upaya untuk mempopulerkan kembali proses kreatif dalam pembuatan puisi dan pidato, serta menciptakan lingkungan literasi sastra yang inspiratif.

Lomba ini diikuti oleh berbagai sekolah, antara lain SMPN 1 Ciawigebang, SMPN 2 Ciawigebang

SMP Nurul Huda, MTs Ma'arif Cipakem, MTsN 11 Kuningan, SMPN 2 Lebakwangi, dan SMP IT Asyukuriyah. Kemudian MTs Riyadhul Huda, MTs Riyadhul Badi'ah, MTs Manba'ul Huda, MTs Nurul Imaniyah, SMP IT Al Marwat, MTs Darul Qur'an, serta SMP Al-Ghazali.

Adapun para pemenang Lomba Baca Puisi yakni Juara 1 Maulida (SMP IT Al-Marwat) skor 1240, Juara 2 Ana Kamilatunnaja (MTs Riyadhul Huda) skor 1237, dan Juara 3 Sheila Tri Rahman (SMPN 2 Ciawigebang) skor 1240. Sementara pemenang Lomba Pidato yaitu Juara 1 Dalfa Aufa (MTsN 11 Kuningan) skor 750, Juara 2 Poppy Putri Malika (SMP Nurul Huda) skor 722, serta Juara 3 Rita Nurhandayanu (MTs Ma'arif Cipakem) skor 718.

Para pemenang menerima hadiah berupa piala, sertifikat, piagam, uang pembinaan, serta voucher beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di SMA IT Manba'ul Huda. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menulis sebagai sarana ekspresi estetis, serta membangun kecintaan terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

Hal ini diharapkan dapat membentuk karakter, jati diri, dan kebanggaan nasional. Sekaligus memotivasi para siswa untuk meningkatkan budaya baca dan tulis sejak dini.***

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut