get app
inews
Aa Read Next : Legislator Jabar Pimpin Rapat Perdana Fraksi Gerindra di Kuningan, Bahas Pilkada 2024

PPP Kuningan Belum Tentukan Sikap Koalisi Pilkada, Tunggu Rekom DPP

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 08:39 WIB
header img
Ketua Desk Pilkada PPP Kuningan, Jabar, Ali Akbar. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id – Ketua Desk Pilkada PPP Kuningan, Ali Akbar menegaskan, jika partainya belum menentukan sikap politik arah koalisi untuk Pilkada Kuningan, Jabar, Sabtu (17/8). Sikap politik keputusan koalisi masih menunggu hasil rekom akhir dari DPP PPP.

Meski memang, PPP sendiri telah mengeluarkan surat penugasan bagi sejumlah calon kepala daerah yang mendaftar. Salah satunya yakni H Yanuar Prihatin dari PKB, namun belum ada keputusan koalisi dengan partai tersebut.

"Kalau pertemuan dengan para bakal calon (pendaftar di PPP) intens dilakukan. Termasuk dengan partai-partai lain juga komunikasi tetap dibangun ya," kata Ali Akbar yang juga Anggota Fraksi PPP DPRD Kuningan.

Menurutnya, PPP memberikan kesempatan bagi empat kandidat yang telah mendaftar untuk berkompetisi secara sehat, dan melakukan penetrasi ke masyarakat. PPP kini sedang mempersiapkan rapat internal yang dijadwalkan pada 20 Agustus nanti.

"Nantinya dalam rapat internal mungkin mengerucut untuk calon yang akan kita usung. Ada empat kandidat yang mendaftar ke PPP, memiliki peluang yang kompetitif semuanya, dan hasilnya akan dibuktikan melalui survei," bebernya.

Dia menyebut, hasil survei dari empat pendaftar di PPP untuk sementara sudah terlihat. Sehingga hasil survei tersebut akan menjadi bahan pertimbangan, dalam rapat di tingkat DPC PPP hingga tingkat yang lebih tinggi.

"Semua keputusan akan melalui mekanisme yang sudah diatur, mulai dari tahapan bawah hingga rapat di tingkat DPC. Setelah itu, akan ada rekomendasi dari DPP PPP," ucapnya.

Apakah PPP nanti akan mengusulkan calon dari internal untuk posisi Wakil Bupati, Ia menyebut hal itu akan dilakukan.

"Ya kalau itu, kita lihat nanti prosesnya seperti apa. Pasti kita usulkan (kader internal)," tukasnya.

Apakah kemungkinan akan berkoalisi dengan PKB, Ia mengaku, jika koalisi dengan PKB cenderung berpeluang cukup besar.

"Ya kemungkinan besar seperti itu, tetapi ini masih mencair dan dinamis sekali. Semuanya masih lobi-lobi tingkat akhir lah, semua juga sedang berpikir untuk menghadirkan pemimpin yang terbaik untuk masyarakat Kuningan," ujarnya.

Terkait dengan kemungkinan bergabungnya PPP dengan partai lain seperti PDI Perjuangan, Ali menekankan bahwa partainya selalu mempertimbangkan dinamika politik yang ada.

"Kalau dari DPP itu tidak terlalu mengarahkan untuk ke A, B atau C. Justru kami kader partai yang di daerah, lebih tahu persis kondisinya seperti apa. Jadi pengurus pusat insya Allah mendengar juga masukan dari bawah (daerah)," ungkapnya.

Pihaknya memastikan, bahwa PPP Kuningan tetap solid dan memiliki aturan main yang tegas. Ia juga menegaskan bahwa setelah keputusan diambil, semua kader PPP wajib mengikuti instruksi partai.

"Insya Allah dalam waktu dekat, keputusan final akan diumumkan. Kami tinggal menunggu waktu, entah tanggal 22 atau 25 Agustus ini, kita sedang mempersiapkan itu, dan koalisi partai akan terbentuk," tutupnya.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut