get app
inews
Aa Read Next : Peringati Maulid Nabi, Calon Bupati Kuningan Yanuar Prihatin Isi Tausiyah Inspiratif

Pelatihan BesTina Nyakola Dorong Kemandirian Kelompok Wanita Tani di Kuningan

Rabu, 17 Juli 2024 | 10:21 WIB
header img
Komunitas BesTina Nyakola bersama Yayasan Eka Nusa Satia konsisten menggelar pelatihan demi pemberdayaan masyarakat di Kuningan, Jabar. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Komunitas BesTina Nyakola bersama Yayasan Eka Nusa Satia menggelar pelatihan untuk keenam kalinya di Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kali ini, pelatihan diikuti oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Sahati.

Termasuk Anggota DPRD Jabar Hj Tina Wiryawati selaku inisiator BesTina Nyakola, sebagai narasumber utama. Kehadiran Hj Tina Wiryawati menuai tanggapan positif dari Kepala Desa Jambar, Juhari, yang merasa terharu dan bangga.

Ia mengungkapkan bahwa kunjungan seperti ini jarang terjadi di wilayahnya, terutama dari pejabat tingkat provinsi.

"Saya sangat mengapresiasi konsistensi Ibu Tina yang mau datang langsung, untuk membina para ibu rumah tangga di wilayah kami demi mengangkat derajat ekonomi keluarga," ujar Juhari.

Anggota DPRD Jabar, Tina Wiryawati berharap seluruh KWT tidak hanya berhenti pada kemampuan menanam tanaman bermanfaat. Sehingga para anggota bisa menghasilkan sesuatu dari hasil tanaman mereka.

"Jadi selain menanam, para ibu kelompok tani bisa mengolah dan bahkan menjualnya untuk menambah penghasilan keluarga,”harapnya

Menurutnya, pelatihan ini fokus pada pengembangan keterampilan praktis bagi para peserta, seperti pembuatan pasta gigi herbal berbahan dasar sirih dan charcoal. Tujuannya adalah agar keterampilan yang dipelajari dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan penghasilan keluarga.

Dirinya berharap, agar para anggota KWT tidak hanya terbatas pada kegiatan menanam, tetapi juga mampu menghasilkan produk bernilai ekonomis dari hasil pertanian mereka sendiri.

"Selain menanam, para ibu ini bisa mengolah dan bahkan menjualnya untuk menambah penghasilan keluarga," ucapnya. 

Selain di Kabupaten Kuningan, pelatihan serupa juga telah dilaksanakan di Kabupaten Ciamis, Pangandaran, dan Kota Banjar. Acara ini tidak hanya memberikan keterampilan praktis, tetapi juga mencakup aspek mendapatkan modal usaha dan pemasaran produk, sebagai upaya mendukung pengembangan UMKM di daerah.

Sejauh ini, Rabu (17/7), pelatihan serupa kerap dilakukan legislator Gerindra itu demi pemberdayaan masyarakat. Diharapkan ke depan, para anggota KWT dapat terus mengembangkan produk-produk rumahan yang dapat memperkuat komunitas UMKM lokal dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut