get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Babarit di Kuningan, Kepala Disporapar: Pentingnya Pelestarian Budaya untuk Pariwisata

Kelompok Wanita Tani di Kuningan Dilatih Bikin Sabun Wang

Selasa, 18 Juni 2024 | 20:33 WIB
header img
Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Gerindra, Hj Tina Wiryawati memfasilitasi pelatihan bagi kelompok Tani di Kuningan, Jabar, untuk membuat sabun wangi. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Komitmen Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Gerindra, Hj Tina Wiryawati kembali ditunjukan untuk memberdayakan masyarakat petani di Kabupaten Kuningan. Wujudnya yakni berupa pelatihan keterampilan bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) Harapan Mekar Desa Dukuhlor, Sindangagung.

Pelatihan sendiri diadakan oleh Komunitas BesTina Nyakola. Kegiatan pelatihan terbaru ini fokus pada pembuatan sabun wangi melati, yang diikuti oleh belasan anggota KWT Harapan Mekar dan peserta dari desa tetangga.

Pelatihan tersebut dipandu oleh Mbak Sera, seorang praktisi keterampilan terapan dari bahan baku herbal. Pemateri memberikan pengetahuan dan teknik pembuatan sabun secara mendetail.

"Kebetulan pelatihan ini merupakan yang ke-5 diselenggarakan oleh BesTina Nyakola dan Yayasan Eka Nusa Satia. Sebelumnya juga menggelar pelatihan membuat buket, make-up artist, meronce bunga melati, dan membuat pasta gigi herbal," kata Tina. 

Sebagai wakil rakyat Dapil Jabar 13 (Kuningan, Ciamis, Banjar, Pangandaran), Tina menjelaskan bahwa inisiasi pembentukan BesTina Nyakola bertujuan untuk memberikan manfaat bagi kaum wanita di masyarakat. Yakni dengan meningkatkan keterampilan terapan yang mendukung ekonomi keluarga.

"Kami ingin agar mereka memiliki keterampilan terapan yang bisa membantu meningkatkan ekonomi keluarga," jelasnya.

Ia juga menyampaikan rencana untuk mengembangkan program pelatihan ini dengan memasukkan aspek-aspek seperti pengemasan, pemasaran, dan manajemen keuangan UMKM.

"Tujuan kami adalah memberikan bekal yang lengkap agar para peserta bisa mandiri dan meningkatkan taraf hidup keluarganya,” tambahnya.

Komunitas BesTina Nyakola sampai hari ini, Selasa (18/6), berkomitmen untuk terus memberikan pelatihan yang bermanfaat dan berkelanjutan. Tentu dengan harapan para perempuan di Kuningan dapat lebih berdaya dan memiliki keterampilan, yang dapat diandalkan untuk mendukung perekonomian keluarga mereka.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari para peserta yang merasa mendapatkan banyak manfaat dan pengetahuan baru.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Selain menambah keterampilan, kami juga jadi lebih percaya diri untuk memulai usaha sendiri,”ujar salah satu peserta, Encum. 

BesTina Nyakola dan Yayasan Eka Nusa Satia berencana untuk terus menggelar berbagai pelatihan serupa di masa mendatang, dengan fokus memberdayakan perempuan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui keterampilan terapan dan wirausaha.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut