get app
inews
Aa Read Next : Peringati Maulid Nabi, Calon Bupati Kuningan Yanuar Prihatin Isi Tausiyah Inspiratif

Sekjen KLHK dan Alumni Fakultas Kehutanan IPB Deklarasi Kuningan Go Green

Sabtu, 08 Juni 2024 | 20:06 WIB
header img
Sekjen Kementerian LHK dan Alumni Fakultas Kehutanan IPB melakukan deklarasi Kuningan Go Green di kawasan kaki Gunung Ciremai. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id– Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Bambang Hendroyono, yang juga Ketua Umum DPP Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan (HA-E) IPB, mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam pelestarian lingkungan hidup.

Ajakan ini disampaikan dalam acara Deklarasi Kuningan Go Green dan Deklarasi Pelestarian Tanaman Kesemek, yang berlangsung di Lapangan Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Sabtu (8/6).

"Agenda Go Green ini merupakan inisiatif rekan-rekan Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB. Ini simbol ajakan kepada masyarakat untuk memulihkan lingkungan dan alam dari kerusakan," ujar Bambang Hendroyono, yang akrab disapa Kang Bahen.

Ia berharap program Go Green ini bisa menjembatani HA-E IPB, pemerintah pusat, provinsi, hingga kabupaten untuk melakukan upaya-upaya pelestarian lingkungan yang berbasis masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Sekjen KLHK menyampaikan lima poin penting untuk menjaga keberlanjutan alam dan ekosistem di tengah tantangan perubahan iklim global. Poin-poin tersebut meliputi menjaga kebersihan atmosfer dari pencemaran, menjaga kualitas dan keberadaan sumber-sumber air, menjaga kondisi perairan laut dan ekosistemnya, mencegah kerusakan lahan dari hulu hingga hilir, serta melestarikan keanekaragaman hayati.

Acara Kuningan Go Green ini juga ditandai dengan Deklarasi Pelestarian Tanaman Kesemek, pohon buah endemik Gunung Ciremai. Deklarasi ini diikuti dengan penanaman simbolis pohon Kesemek di sekitar Desa Cisantana, yang dulunya dikenal sebagai sentra buah kesemek di Kabupaten Kuningan.

Penanaman pohon Kesemek ini turut dilakukan oleh para pejabat KLHK, termasuk Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari, Dida Mighfar Rida, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Spesies dan Genetik, Nunu Anugrah, dan pejabat lainnya. Jajaran pengurus Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB juga hadir dalam acara ini.

Pj Bupati Kuningan Dr H Raden Iip Hidajat menyampaikan, rasa syukurnya atas terselenggaranya Deklarasi Kuningan Go Green. Ia berharap acara ini bisa mendorong semangat pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Kuningan untuk berkolaborasi dalam menjaga, merawat, dan melestarikan lingkungan.

"Upaya pelestarian tanaman Kesemek ini menjadi perhatian kami untuk kembali menggaungkan penanaman pohon endemik Gunung Ciremai, yang tidak hanya berdampak pada pelestarian ekosistem, tetapi juga pengembangan ekonomi masyarakat," pungkasnya.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut