get app
inews
Aa Read Next : Pj Bupati Tanggapi Isu Strategis Atas PU Fraksi PPP DPRD Kuningan

Bawaslu Kuningan Tegaskan soal Integritas dan Komitmen saat Lantik 96 Panwaslu Kecamatan

Sabtu, 25 Mei 2024 | 19:43 WIB
header img
Bawaslu Kabupaten Kuningan, Jabar, menekankan soal integritas dan komitmen 96 Panwaslu Kecamatan usai resmi dilantik. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Acara pelantikan dan pengambilan sumpah 96 Panwaslu Kecamatan untuk Pilkada 2024 berlangsung di Aula Hotel Grage Resort Sangkanhurip, Kuningan pada Sabtu (25/5). Acara tersebut dihadiri Pimpinan Forkopimda Kuningan, Ketua Bawaslu Kuningan, Ketua KPU Kuningan, dan sejumlah undangan lainnya.

Saat sambutan, Ketua Bawaslu Kuningan Firman menekankan, pentingnya integritas dan komitmen bagi anggota Panwaslu Kecamatan dalam menjalankan tugas mengawal Pilkada Kuningan. Bawaslu memastikan bahwa seluruh anggota Panwaslu Kecamatan telah melalui proses seleksi yang ketat, termasuk tes narkoba dan psikologi guna memastikan bebas dari narkoba dan kondisi psikologis yang baik.

"Agenda pemilu merupakan sarana integritas bangsa yang harus dilaksanakan dengan serius sesuai peraturan perundang-undangan," tandasnyq.

Pihaknya mengajak semua anggota Panwaslu Kecamatan untuk menjaga kepercayaan yang diberikan dengan keikhlasan, kejujuran, dan kerjasama dengan semua pihak. Termasuk menekankan pentingnya soliditas dan kekompakan dalam menjalankan tugas pengawasan.

Sementara Pj Bupati Kuningan, Dr H Raden Iip Hidajat, menyampaikan pesan penting kepada seluruh Panwaslu Kecamatan. Intinya bahwa integritas adalah kunci kehormatan diri, yang tidak boleh dilanggar.

"Panwas harus adil, dan sumpah yang diucapkan bukanlah main-main. Karena sumpah adalah janji kepada Allah SWT yang tidak boleh dikotori dengan hal-hal yang melanggar," ujarnya. 

Dia menyebut, ada tiga hal yang harus dipegang yakni teliti, cermat, dan disiplin dalam bekerja. Maka semua hal itu mesti dipegang teguh dalam menjalankan tugas selama pemilu berlangsung. 

Terakhir, acara dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas untuk menjaga netralitas ASN dalam Pemilu. Yakni dengan harapan menciptakan Pilkada yang bermartabat dan berkualitas melalui pengawasan secara berkualitas.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut