get app
inews
Aa Read Next : 2 Varietas Tembakau Lokal Kuningan Resmi Tersertifikasi, Pj Bupati Dorong Pengembangan Lahan

Sungai Cisanggarung Meluap, Ratusan Warga Mengungsi Akibat Rumah Terendam Banjir di Kuningan

Jum'at, 24 Mei 2024 | 15:52 WIB
header img
Ratusan rumah milik warga di Kabupaten Kuningan, Jabar, terendam banjir akibat luapan Sungai Cisanggarung. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id- Ratusan rumah milik warga di Kabupaten Kuningan, Jabar, terendam banjir akibat luapan Sungai Cisanggarung. Hal ini dipicu akibat hujan lebat yang hampir merata di semua wilayah sejak Kamis (23/5) petang hingga tengah malam kemarin.

Musibah banjir paling parah sendiri terdapat di Desa Kananga, Cimahi, Kuningan. Banjir setinggi hampir 1,5 meter itu memaksa 414 warga mengungsi sementara ke tempat aman.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana melalui keterangan persnya, Jumat (24/5), mengatakan, meski tidak ada korban jiwa namun musibah banjir berdampak terhadap ratusan rumah milik warga. Banjir ini diakibatkan luapan air Sungai Cisanggarung saat hujan lebat dengan intensitas cukup lama.

"Sungai Cisanggarung meluap dan mengakibatkan banjir di 3 RT. Air masuk ke permukiman sebanyak 121 rumah dengan 414 jiwa, terendam setinggi 30 sentimeter sampai 1,5 meter,” jelasnya.

Saat kejadian, lanjutnya, ratusan warga mengungsi di tempat aman berupa Musola SDN 1 Kananga. Namun tak sedikit harta benda milik warga yang turut terendam banjir.

"Ada sebanyak 70 ekor domba terdampak banjir, 150 unit barang elektronik, 10 unit motor, 5 ton gabah padi, 200 ekor ayam hingga 50 hektare sawah terendam banjir. Kami langsung menurunkan tim untuk melakukan assessment ke lokasi kejadian,” terangnya.

Saat ini, pihaknya telah melakukan pembersihan sisa lumpur di permukiman warga akibat terbawa banjir. “Pada Jumat siang ini masih penangan pembersihan lingkungan permukiman warga paska banjir,” pungkasnya.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut