get app
inews
Aa Read Next : Peringati Maulid Nabi, Calon Bupati Kuningan Yanuar Prihatin Isi Tausiyah Inspiratif

Pagar Sekolah hingga Jembatan Ambruk Tergerus Longsor di Kuningan

Jum'at, 24 Mei 2024 | 15:48 WIB
header img
Peristiwa hujan lebat yang mengguyur di Kabupaten Kuningan, Jabar, memicu kejadian kebencanan di sejumlah wilayah. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Peristiwa hujan lebat yang mengguyur di Kabupaten Kuningan, Jabar, memicu longsor di sejumlah titik. Akibatnya, sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan parah bahkan ambruk.

Misalkan saja jalan di jembatan penghubung Desa Datar dan Desa Kananga terlihat berlubang usai tergerus longsor. Termasuk kerusakan parah di jembatan penghubung Desa Walaharcageur ke Desa Cirahayu.

Badan jalan terlihat terkelupas akibat tergerus derasnya banjir luapan sungai setempat. Bahkan tembok jembatan ambruk hingga menutup akses jalan.

Adapula pagar sekolah yang ambruk akibat longsor. Kejadian ini berlokasi di SDN 1 Cigadung, Cigugur, Kuningan.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana melalui keterangan Pusdalops BPBD, Jumat (24/5), mengatakan, hujan lebat memicu sejumlah kejadian kebencanaan di Kabupaten Kuningan. Selain banjir, terdapat pula longsor di beberapa titik.

"Misalnya di Kelurahan Cigadung, terdapat pagar SDN 1 Cigadung ambruk sepanjang 70 meter dan tinggi 3,5 meter. Kemudian 1 unit warung kantin sekolah turut terbawa longsor berukuran 3x2 meter,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, adapula tembok penahan tebing longsor di bagian dapur dan kamar mandi milik rumah warga. Sehingga mengakibatkan tembok dinding ambruk.

"Saat ini, tim masih terus melakukan assessment di lokasi kejadian sesuai dengan laporan yang diterima. Penangan masih terus dilakukan paska kejadian kebencanaan di sejumlah wilayah,” pungkasnya.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut