get app
inews
Aa Read Next : Peringati Maulid Nabi, Calon Bupati Kuningan Yanuar Prihatin Isi Tausiyah Inspiratif

Rumah Warga Terendam Banjir saat Hujan Lebat di Kabupaten Kuningan

Jum'at, 24 Mei 2024 | 14:43 WIB
header img
Akibat hujan lebat dengan intensitas lama membuat banyak rumah warga terendam banjir di Kabupaten Kuningan, Jabar. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id- BPBD Kabupaten Kuningan, Jabar, mengkonfirmasi belasan rumah milik warga terendam banjir. Hal ini dipicu usai hujan lebat mengguyur hampir merata di Kuningan pada Kamis (23/5) petang hingga tengah malam.

Sampai hari ini, Jumat (24/5), data sementara mencatat belasan rumah yang terdampak banjir berada di Desa Kertayasa (Sindangagung) dan Desa Karangtawang (Kuningan). Ada sembilan rumah warga di Desa Kertayasa terdampak banjir, sedangkan sisanya lima rumah di Desa Karangtawang.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana mengatakan, jika banjir diakibatkan hujan lebat yang turun merata di hampir semua wilayah Kabupaten Kuningan. Bahkan selain banjir, terdapat pula titik longsor di sejumlah desa.

"Kalau banjir misalnya di Desa Kertayasa ada sembilan rumah terendam banjir. Sebanyak enam unit rumah di Dusun Kaliwon dan tiga rumah di Dusun Pahing,” terangnya.

Dia menyebut, rumah warga terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 30-50 sentimeter. Akibat hujan lebat, membuat debit air Sungai Surakatiga meluap dan merendam permukiman warga.

"Kemudian di Desa Karangtawang ada lima unit rumah terendam banjir. Termasuk jalan kabupaten yakni Karangtawang-Garawangi juga terendam, sempat tidak bisa dilalui kendaraan baik motor maupun mobil,” jelasnya.

Selain rumah, lanjutnya, terdapat pula bangunan musola turut terendam banjir dengan ketinggian 30-80 sentimeter. Sedangkan banjir yang merendam akses jalan raya mencapai satu meter.

"Air sudah mulai surut pada tengah malam tadi, dan jalan juga sudah aman dilintasi kembali. Termasuk banjir yang merendam permukiman warga sudah surut, kemudian bersama-sama membersihkan bekas material lumpur yang terbawa banjir,” ungkapnya.

Atas musibah itu, Ia memastikan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun warga tetap diminta waspada jika kembali terjadi hujan lebat, sebab kondisi cuaca masih mendung dan hujan di sebagian wilayah.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut