get app
inews
Aa Read Next : Percepatan Perluasan Areal Tanam di Kuningan Terus Dilakukan, Targetkan 51 Ribu Hektare

Antisipasi Banjir saat Musim Hujan, Warga di Kuningan Pasang Bronjong di Tepian Sungai

Kamis, 09 Mei 2024 | 19:02 WIB
header img
Masyarakat Cibingbin, Kabupaten Kuningan, Jabar, memasang alat berupa bronjong di tepi sungai untuk mencegah banjir saat musim penghujan. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Puluhan warga bergotong royong memasang bronjong di tepian sungai Bendung Leuwi Bengkok, Cibingbin, Kabupaten Kuningan, Jabar. Langkah ini diambil untuk mengurangi risiko banjir akibat luapan sungai, yang kerap mengancam wilayah tersebut saat musim hujan tiba, Kamis (9/5).

Pemasangan bronjong dilakukan dengan semangat gotong royong yang tinggi, melibatkan puluhan warga dari dua desa yakni Sindangjawa dan Ciangir. Termasuk prajurit TNI dari Koramil Cibingbin, turut serta membantu masyarakat setempat.

Prajurit TNI dari Koramil Cibingbin, Pelda Kusnoro mengatakan, pemasangan bronjong ini bertujuan untuk mengantisipasi luapan air sungai yang sering terjadi di Bendung Leuwi Bengkok, ketika musim hujan datang.

"Pemasangan bronjong ini juga bertujuan agar pinggiran sungai tidak terus menerus terkikis oleh aliran air sungai," ujarnya.

Sementara Kapten Inf Kantir selaku Danramil Cibingbin memberikan apresiasi kepada anggotanya yang aktif menjaga wilayah binaan. Dia menyatakan bahwa Babinsa, sebagai ujung tombak satuan teritorial, harus selalu hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan.

"Ini sangat positif, artinya Babinsa sudah jeli dan peka melihat kondisi wilayahnya yang perlu penanganan cepat. Selain itu, Babinsa juga harus aktif untuk mengingatkan warga agar selalu waspada," ungkapnya.

Danramil juga mengimbau kepada seluruh Babinsa untuk selalu memperhatikan faktor keamanan dalam setiap kegiatan di wilayah binaannya. "Utamakan faktor keamanan, waspadai perubahan cuaca secara mendadak yang dapat mengakibatkan kerugian materil, maupun kerugian jiwa," tandasnya.

Salah seorang warga, Samid mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Desa Sindangjawa atas bantuan dalam pemasangan bronjong. "Kami berharap dengan adanya pemasangan bronjong ini, dapat mengurangi terjadinya longsoran tanah akibat derasnya hujan," ucapnya.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut