get app
inews
Aa Read Next : Program PTSL di Kabupaten Kuningan Baru Capai 52 persen

Tebing Longsor Tutup Akses Jalan Penghubung Antar Kecamatan di Kuningan

Jum'at, 12 April 2024 | 15:18 WIB
header img
Sebuah tebing longsor menimpa badan jalan raya penghubung antar kecamatan di Kabupaten Kuningan, Jabar. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Sebuah kejadian tanah longsor melanda jalan raya penghubung Cipasung - Selajambe - Subang tepatnya di Desa Cimenga, Kecamatan Darma, Kuningan, Jabar pada Kamis (11/4) malam. Musibah longsor dipicu hujan cukup lebat dengan intensitas lama sejak sore hingga malam hari. 

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana dalam keterangan persnya, menuturkan, tebing yang longsor panjangnya yakni 20 meter dengan tinggi 10 meter dan lebar 5 meter. Material longsoran tanah menimpa akses jalan penghubung antar kecamatan, sehingga membuat tidak dapat dilalui kendaraan motor maupun mobil. 

"Jadi dampak dari kejadian selain menutup akses jalan, kerugian yang ditimbulkan meliputi rusaknya tebing. Jalan sementara tidak bisa dilintasi dan mesti berputar arah," ucapnya. 

Dia menjelaskan, kronologis kejadian yakni diawali saat hujan dengan intensitas tinggi turun pada waktu sore. Akhirnya menyebabkan terjadinya tanah longsor dan menutup akses jalan Cipasung - Subang.

"Untuk penanganan darurat, koordinasi dengan aparat desa maupun petugas terkait telah dilakukan. Tim assessment juga sudah turun saat malam kejadian," terangnya. 

Pihaknya menyebut, akan membantu proses pembersihan material longsor untuk membuka akses jalan tersebut.

"Adapun kebutuhan darurat yang diperlukan adalah alat berat dan logistik untuk mempercepat proses penanganan bencana ini," ujarnya. 

Saat ini, lanjutnya, pembersihan material longsor tengah diupayakan hingga akses jalan bisa dilalui kembali. Meskipun demikian, akses jalan hanya dapat dilalui secara bergantian karena masih berotensi terjadi pergerakan tanah longsor akibat kondisi cuaca yang belum stabil.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut