get app
inews
Aa Read Next : Satu Calon Jemaah Haji asal Kuningan Meninggal Dunia Sehari Sebelum Pemberangkatan

Ketua PKB Syaiful Huda Pastikan Maju di Pilgub Jabar November 2024

Minggu, 17 Maret 2024 | 22:01 WIB
header img
Ketua PKB Jabar, Syaiful Huda memastikan diri bakal maju di Pilgub Jabar pada November 2024. (Foto: Ist)

BANDUNG,iNewsKuningan.id - Ketua DPW PKB Jabar, Syaiful Huda, memastikan dirinya akan maju di Pilgub Jabar pada November mendatang. Keputusan tersebut ditegaskan menyusul perolehan 15 kursi oleh PKB di DPRD Jabar.

Bahkan secara nasional, kenaikan kursi PKB terbilang cukup signifikan. Hal ini tak lepas dari kerja keras seluruh struktur dan kader partai dalam merebut hati rakyat.

"Saya maju sebagai calon gubernur untuk Pilkada Gubernur yang akan datang tepatnya 27 November nanti," ujar Huda di Kantor DPW PKB Jabar, Bandung, Minggu (17/3).

Huda mengungkapkan telah memulai komunikasi dengan sejumlah partai politik untuk membangun koalisi. PKB masih membutuhkan 9 kursi lagi untuk mengusung Huda sebagai cagub.

Partai politik yang sudah diajak berbincang terutama yang tergabung dalam Koalisi Perubahan seperti PKS dan NasDem. Namun, jika koalisi dengan mereka tidak memungkinkan, PKB siap membuka peluang dengan partai lain.

"Jadi start-nya dari situ (Koalisi Perubahan), ketika dihitung potensi dan peluang tidak memungkinkan maka kami akan membangun koalisi dengan partai yang lain," ujarnya.

Selain mengumumkan niatnya maju dalam Pilgub Jabar, Huda juga mengungkapkan PKB akan mengusung kader sendiri sebagai Calon Bupati dan Calon Wali Kota di 14 kabupaten dan kota di Jabar. Salah satu wilayah yang dipastikan akan diisi kader PKB adalah Kabupaten Bandung.

"Kami pastikan kader terbaik PKB minimal maju sebagai bupati atau wali kota di 14 kabupaten kota se-Jabar," katanya.

Huda juga merincikan perolehan kursi PKB pada Pemilu 2024. Untuk DPR RI dari Dapil Jabar, PKB memperoleh total 13 kursi, menempatkannya di peringkat ketiga setelah Golkar dan Gerindra.

"Kami dapat ranking tiga besar di DPR RI dari Jabar mengalahkan PKS dan mengalahkan PDIP. Cita-cita lama yang terlaksana tahun ini," tambahnya.

Untuk DPRD Jabar, PKB memperoleh total 15 kursi. Sementara untuk DPRD kabupaten dan kota, PKB berhasil meraih total 162 kursi, mengalami peningkatan dari Pemilu tahun 2019 dengan perolehan 121 kursi.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada warga Jabar yang telah memberikan kepercayaan luar biasa kepada PKB Jabar," tutupnya.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut