get app
inews
Aa Read Next : 2 Varietas Tembakau Lokal Kuningan Resmi Tersertifikasi, Pj Bupati Dorong Pengembangan Lahan

Bawaslu Hentikan 2 Kasus Money Politik di Kuningan, Sebut Unsur Tak Terpenuhi

Sabtu, 16 Maret 2024 | 17:47 WIB
header img
Bawaslu Kuningan, Jabar, telah mengambil langkah dalam menangani dugaan pelanggaran dua kasus Money Politik. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Bawaslu Kabupaten Kuningan, Jabar, telah mengambil langkah dalam menangani dugaan pelanggaran terhadap pemilihan umum dengan fokus pada dua kasus dugaan Money Politik, Sabtu (16/3). Adapun lokasinya yakni di Desa Kadatuan, Kecamatan Garawangi dan Desa Jambar, Kecamatan Nusaherang.

Dugaan pelanggaran di Desa Kadatuan terungkap melalui temuan Pengawas Pemilu Desa (PKD) setempat. Sementara kasus di Desa Jambar dilaporkan oleh sesama caleg dari partai yang sama.

Ketua Bawaslu Kuningan, Firman bersama Tim Gakkumdu Kuningan dalam keterangan persnya, mengatakan, proses penanganan pelanggaran pemilu diatur oleh Pasal 101 huruf a Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017. Bawaslu Kabupaten/Kota bertanggung jawab atas pencegahan dan penindakan pelanggaran pemilu serta sengketa pemilu di wilayahnya, sesuai Pasal 102 Ayat (2) huruf c.

"Bawaslu Kuningan telah melakukan Register Temuan Dugaan Pelanggaran Tindak Pidana Pemilu (Money Politik) terkait temuan PKD Kadatuan. Langkah selanjutnya melibatkan kajian bersama pihak kepolisian dan kejaksaan melalui Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu), serta klarifikasi kepada terlapor dan saksi-saksi," ungkapnya.

Namun setelah tiga kali kajian bersama, lanjutnya, Gakkumdu menyimpulkan bahwa peristiwa tersebut tidak memenuhi unsur sebagai tindak pidana pemilu Money Politik. Sehingga tidak dilanjutkan ke tahapan penyidikan.

Sementara terkait laporan dugaan Money Politik di Desa Jambar, Bawaslu Kuningan telah melakukan Register Laporan yang memenuhi syarat formil dan materil. Setelah melakukan klarifikasi dengan melibatkan pelapor, terlapor dan saksi, serta melakukan tiga kali kajian bersama Gakkumdu, hasilnya menyatakan bahwa laporan tersebut juga tidak memenuhi unsur sebagai tindak pidana Money Politik.

Dengan demikian, Bawaslu Kabupaten Kuningan menegaskan bahwa kedua kasus tersebut tidak memenuhi syarat untuk dilanjutkan ke proses penyidikan di kepolisian. Karena tidak memenuhi unsur sebagai tindak pidana pemilu Money Politik.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut