get app
inews
Aa Read Next : Percepatan Perluasan Areal Tanam di Kuningan Terus Dilakukan, Targetkan 51 Ribu Hektare

Polantas Kuningan Masifkan Operasi Keselamatan Berlalu Lintas, Tekan Pelanggaran dan Kecelakaan

Rabu, 13 Maret 2024 | 22:36 WIB
header img
Petugas kepolisian Sat Lantas Polres Kuningan, Polda Jabar, makin intensif melakukan operasi keselamatan berlalu lintas di jalan raya. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Personel kepolisian dari Sat Lantas Polres Kuningan, Polda Jabar, makin intensif melakukan operasi keselamatan berlalu lintas di jalan raya. Hal ini sebagai salah satu upaya menekan tingkat kecelakaan berkendara dan pelanggaran dalam berlalu lintas, Rabu (13/3). 

Kasat Lantas AKP Sigit Suhartanto dalam keterangan persnya, menuturkan, operasi keselamatan ini mengedepankan tiga kegiatan yakni pendekatan preemtif, preventif, dan represif. Pola pertama yakni dengan sosialisasi di titik rawan baik kemacetan hingga tingkat pelanggaran tinggi. 

"Kemudian juga kita terapkan tindakan tilang elektronik secara mobile. Mereka yang melakukan pelanggaran akan ada tindakan dari petugas," ucapnya. 

Pihaknya mengaku, ingin mengedukasi masyarakat terhadap ketertiban dalam berkendara di jalan raya. Tentunya tujuan utama untuk keselamatan, baik bagi pengendara itu sendiri maupun pengguna jalan yang lain. 

"Ada beberapa pelanggaran yang kita tindak tegas seperti penggunaan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan safety belt maupun helm hingga melawan arus. Jumlah pelanggaran sendiri sampai saat ini masih terus dinamis ya, karena datanya setiap hari berubah. Namun kondisinya kalau tingkat pelanggaran itu cukup landai, tidak begitu tinggi," katanya. 

Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi dengan cara menempelkan stiker imbauan di setiap kendaraan bermotor. Termasuk sosialisasi ke setiap sekolah baik tingkat SD hingga SMA, untuk edukasi tentang tertib berlalulintas. 

"Tapi memang masih ada saja sebagian yang melanggar saat berlalu lintas di jalan raya. Namun sudah banyak juga yang sadar terhadap keselamatan berlalu lintas," ucapnya. 

Oleh sebab itu, pihaknya menekankan, agar semua pengendara tertib dalam berlalu lintas dan taat aturan. Sehingga tidak melakukan pelanggaran yang dapat berpotensi terjadi kecelakaan di jalanan.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut