get app
inews
Aa Read Next : Percepatan Perluasan Areal Tanam di Kuningan Terus Dilakukan, Targetkan 51 Ribu Hektare

Pemkab Kuningan Siapkan Anggaran Rp 43,5 Miliar untuk Pilkada November 2024

Jum'at, 23 Februari 2024 | 17:11 WIB
header img
Sekda Kuningan, Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Memasuki tahapan Pilkada Kuningan di tahun 2024, pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran sejumlah Rp 43,5 miliar. Anggaran ini terbagi untuk dana hibah bagi KPU sebesar Rp 33,5 miliar dan Bawaslu Rp 10 miliar.

Pengaturan dana hibah Pilkada serentak sendiri berdasarkan Pasal 8 Permendagri nomor 54 Tahun 2019 tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur dan Bupati/Walikota. Yakni bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Meski terbilang belum ideal, namun diharapkan kondisi anggaran tersebut dapat dipergunakan secara efektif dan efisien. “Jujur saja, memang jumlah anggaran itu tidak seperti yang diharapkan. Karena kembali lagi terhadap kemampuan anggaran di masing-masing daerah,” kata Sekda Kuningan, Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi saat dimintai keterangan persya, Jumat (23/2).

Namun dari angka tersebut, Ia memastikan, telah berkomitmen bersama KPU maupun Bawaslu, agar anggaran yang ada lebih bisa diefektifkan dan diefisienkan. Kemudian dari komitmen yang dibangun ini, mereka juga sudah menyatakan siap.

“Karena Februari ini sudah mulai tahapan Pilkada. Jadi anggaran sudah disiapkan untuk dana hibah pilkada ke KPU Rp 33,5 miliar dan Bawaslu Rp 10 miliar,” terangnya.

Menurutnya, anggaran tersebut dipastikan tidak ada pengurangan, apalagi terjadi lagi penambahan. Sebab anggaran ini sudah dari hasil kajian tim anggaran dengan menyesuaikan kemampuan daerah.

“Jadi untuk dana hibah pilkada ini bersumber dari APBD Kuningan,” ujarnya.

Terkait adanya kabar refocusing anggaran daerah, Ia memastikan, soal tersebut tidak menyentuh terhadap anggaran cadangan untuk Pilkada Kuningan.

“Iya refosucing itu ada, tapi tidak menyentuh anggaran untuk Pilkada ya. Tapi yang pasti dana cadangan ini aman, karena tidak tersentuh refocusing,” tutupnya.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut