get app
inews
Aa Read Next : Percepatan Perluasan Areal Tanam di Kuningan Terus Dilakukan, Targetkan 51 Ribu Hektare

Sungai di Kampung Bojong Garut Meluap, Picu Genangan Lumpur di Permukiman Warga

Kamis, 22 Februari 2024 | 08:34 WIB
header img
Hujan lebat di Garut, Jabar, memicu luapan sungai di Kampung Bojong hingga mengakibatkan genangan lumpur di permukiman warga. (Foto: Dindin AS)

GARUT,iNewsKuningan.id - Luapan air disertai lumpur terjadi di Kampung Cibojong, Desa Balewangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jabar. Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada Rabu (21/2) sekitar pukul 13.30 WIB di wilayah Kecamatan Cisurupan khususnya lereng Gunung Papandayan terjadi hujan lebat kurang lebih selama 1 jam.

Sementara untuk wilayah sekitar Alun-alun Cisurupan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Kapolsek Cisurupan Iptu Asep Saepudin menerangkan, sekitar pukul 14.00 WIB pada saluran air atau selokan yang berada di Kampung Cibojong, Desa Balewangi, Kecamatan Cisurupan, terjadi sumbatan yang diakibatkan oleh material akar pohon bambu, batang kayu, serta sampah sehingga menyebabkan luapan air disertai lumpur.

"Sehingga air beserta lumpur tersebut meluap ke jalan desa dan sebagian masuk ke pekarangan rumah warga," ujar Kapolsek Cisurupan.

Ia mengatakan, petugas gabungan bersama warga masyarakat sekitar saat ini tengah gotong royong membersihkan material banjir. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun kerugian materi atas kejadian tersebut.

"Hanya saja air berikut lumpur meluap ke jalan desa serta apabila sumbatan tidak dibersihkan dikhawatirkan terjadi hujan lagi dan akan meluap kembali," tuturnya.

Kapolsek Cisurupan mengimbau kepada warga masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Cisurupan agar tetap berhati-hati dan waspada menghadapi musim hujan.(*) 

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut