get app
inews
Aa Read Next : Berikut Daftar 50 Anggota DPRD Kuningan Terpilih di Lima Dapil

Pj Bupati Inisiasi Festival Gunung Ciremai Berskala Internasional di Kuningan

Sabtu, 27 Januari 2024 | 18:44 WIB
header img
Pj Bupati Dr Raden Iip Hidajat menginisiasi agenda Festival Gunung Ciremai di Kuningan, Jabar. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Penjabat Bupati Kuningan, Dr H Raden Iip Hidajat, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas upaya kelompok sadar lingkungan AKAR (Aktivitas Anak Rimba) dalam menjaga kelestarian Gunung Ciremai dan menjaga keseimbangan ekosistemnya. Pernyataan ini disampaikan saat acara di Markas AKAR Taman Hutan Kota Bungkirit pada Sabtu (27/01).

Dalam acara yang dihadiri oleh para penggiat alam Kuningan, Dekan Universitas Jember, Pakar Community Development Dr Insanudi, dan sejumlah tokoh masyarakat serta instansi terkait, Pj Bupati membagikan pengalamannya mendaki puncak Gunung Ciremai. Ia menyatakan keinginannya untuk mendaki gunung tersebut, sebagai bentuk mentafakuri diri dan keterlibatan langsung dengan alam Kabupaten Kuningan.

"Saya berkeinginan untuk mendaki puncak Gunung Ciremai, sebetulnya lebih kepada mentafakuri diri. Ketika saya hadir di Kabupaten Kuningan, saya harus dekat juga dengan alamnya, sebagai sebuah simbol. Dan juga mensyukuri nikmat Allah, dengan citaannya Gunung Ciremai yang luar biasa ini, setelahnya saya akan bertanggung jawab untuk Kabupaten Kuningan," ungkap Iip Hidajat.

Pj Bupati juga menyampaikan ide, untuk mengadakan Festival Gunung Ciremai sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan, terutama dalam hal kebersihan. Ia berharap festival ini tidak hanya menjadi ajang mendaki gunung, melainkan juga sebagai sarana edukasi untuk menjaga kelestarian lingkungan.

"Festival Gunung Ciremai ini bukan hanya beramai-ramai mendaki gunung saja, tetapi juga akan menyadarkan pendaki untuk lebih memiliki kesadaran terhadap lingkungan, terutama kebersihan dari sampah. Mendaki gunung bukan hanya fisik, tetapi juga spiritual," tambahnya.

Iip Hidajat berharap, agar Festival Gunung Ciremai dapat diselenggarakan dengan skala internasional dan tergabung dengan program kegiatan Kementerian Lingkungan Hidup, mendekati Hari Lingkungan Hidup. Dengan melibatkan bandara Kertajati, Ia berharap dapat menarik minat para penggiat alam dari luar negeri.

Semua pihak yang hadir memberikan dukungan dan memberikan kontribusi positif dalam mendukung pelestarian alam, serta berharap agar Festival Gunung Ciremai menjadi agenda yang bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut