get app
inews
Aa Read Next : Berikut Daftar 50 Anggota DPRD Kuningan Terpilih di Lima Dapil

Cegah Banjir saat Hujan Deras, Kodim Kuningan Terjun ke Sungai Bersihkan Sampah

Selasa, 16 Januari 2024 | 14:40 WIB
header img
Prajurit TNI dari Kodim Kuningan melaksanakan pembersihan sungai bersama unsur lain demi mencegah banjir saat musim penghujan di Kuningan, Jabar. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Prajurit TNI dari Kodim Kuningan aktif melaksanakan instruksi pimpinan pusat, dengan kegiatan Binter Terpusat Karya Bakti pembersihan sampah di sejumlah sungai. Kali ini, titik lokasi kegiatan menyasar Sungai Surakatiga di Desa Ancaran, Kuningan.

Kegiatan bertajuk TNI AD bersama Rakyat Bersatu dengan Alam untuk NKRI, melibatkan berbagai unsur stake holder seperti Polri, BPBD, FKPPI, HIPAKAD, Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD), Dinas LH, Dinas PUTR, Anggota Pramuka, Linmas, Perangkat Kecamatan, dan masyarakat setempat.

Dandim Kuningan, Letkol Inf Bambang Kurniawan dalam rilisnya, Selasa (16/1), menjelaskan bahwa sesuai perintah KASAD, ada tiga kegiatan yang dilaksanakan. Yakni pembersihan dan penghijauan untuk hutan atau pegunungan, pembersihan pasar tradisional, dan pembersihan aliran sungai.

“Ini sebagai antisipasi terhadap potensi banjir di daerah rawan, khususnya di daerah Cibingbin. Kita juga sudah dilakukan koordinasi bersama BBWS untuk mengeruk sedimentasi di aliran sungai,” ucapnya.

Menurutnya, saat musim penghujan seperti sekarang diimbau agar masyarakat Kuningan terutama di daerah rawan longsor, agar tetap waspada dan berhati-hati.

“Segera koordinasi dengan aparat setempat, apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Khususnya ketika terjadi peristiwa kebencanaan,” tandasnya.

Kepala Desa Ancaran, Mugni mengapresiasi kegiatan pembersihan Sungai Surakatiga yang dilakukan oleh Kodim Kuningan. Tak lupa, ucapan terima kasih disampaikan atas upaya TNI dalam menjaga kebersihan sungai yang menjadi sumber air bagi masyarakat setempat.

”Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Kodim Kuningan, yang telah melaksanakan kegiatan pembersihan Sungai Surakatiga. Dengan adanya karya bakti ini, kami berharap kemanunggalan antara TNI dengan rakyat tetap terjaga,” harapnya.

Hal serupa disampaikan Ketua HIPAKAD Kuningan, Eka Mulyana. Ia menyambut baik kegiatan tersebut, dan menyatakan dukungan penuh terhadap setiap inisiatif yang dipimpin Dandim sebagai bagian dari keluarga besar Angkatan Darat.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut