get app
inews
Aa Read Next : Berikut Daftar 50 Anggota DPRD Kuningan Terpilih di Lima Dapil

Disdukcapil Kuningan Jemput Bola ke Sekolah, Gencarkan Perekaman e-KTP Bagi 23.000 Pemilih Pemula

Senin, 15 Januari 2024 | 11:15 WIB
header img
Disdukcapil Kuningan, Jabar, tengah berupaya keras untuk memfasilitasi 23.000 pemilih pemula yang masih belum memiliki e-KTP. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuningan, Jabar, tengah berupaya keras untuk memfasilitasi 23.000 pemilih pemula yang masih belum memiliki e-KTP. Langkah ini diambil, guna memberikan kesempatan bagi mereka untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

Kepala Disdukcapil Kuningan, Yudi Nugraha menjelaskan, bahwa berbagai upaya telah dilakukan untuk memudahkan pemilih pemula memperoleh e-KTP. Selain memberikan pelayanan di kantor Disdukcapil dan kecamatan, pihaknya juga mengadakan perekaman di sekolah-sekolah dan membuka layanan di acara Car Free Day (CFD).

"Ditemukan sekitar 23.000 pemilih pemula yang belum memiliki e-KTP. Untuk menyukseskan Pemilu 2024, kami akan intensifkan perekaman ke sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK/MA. Program Dukcapil On the Street pada hari Minggu di acara Car Free Day juga menjadi wadah perekaman e-KTP, dan kami melihat antusiasme warga, khususnya pemilih pemula, cukup tinggi," ungkap Yudi.

Yudi menambahkan bahwa upaya jemput bola untuk perekaman e-KTP pelajar di sekolah-sekolah baru akan dimulai pada hari Senin. Disdukcapil telah menyusun jadwal kunjungan perekaman ke seluruh SMA/SMK dan MA di Kabupaten Kuningan secara bergiliran.

"Banyak sekolah yang mengajukan permohonan kegiatan pelayanan perekaman. Semuanya akan kami akomodir secara bergilir, untuk percepatan perekaman e-KTP pemilih pemula di Kabupaten Kuningan hingga tanggal pemilihan pada 14 Februari mendatang," ujar Yudi.

Dengan gencarnya perekaman ini, Yudi berharap dapat meningkatkan antusiasme warga, terutama pemilih pemula, untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024. Meskipun tidak dapat menjamin seluruhnya terlayani, namun setidaknya mencakup sebagian besar kelompok pemilih pemula.

Bahkan pada hari ini, Senin (15/1), Disdukcapil Kuningan mulai melaksanakan pelayanan perekaman KTP Elektronik ke setiap sekolah. Setidaknya ada 10 sekolah yang akan dikunjungi hingga akhir Januari 2024 seperti SMAN 1 Cibingbin, SMKN 4 Kuningan, SMAN 1 Ciwaru, SMKN 1 Kuningan, SMKN 2 Kuningan, SMK Karnas, SMAN 1 Kadugede, SMKN 1 Luragung, MAN 2 Kuningan, dan MAN 1 Kuningan.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut