get app
inews
Aa Read Next : Berikut Daftar 50 Anggota DPRD Kuningan Terpilih di Lima Dapil

Bangunan Gerbang Selamat Datang Kota Kuningan Alami Kerusakan, Langkah Cepat Dibutuhkan

Sabtu, 13 Januari 2024 | 21:26 WIB
header img
Bangunan tugu atau gerbang selamat datang di Kota Kuningan, Jabar, menunjukkan tanda-tanda kerusakan yang cukup serius (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Bangunan tugu atau gerbang selamat datang di Kota Kuningan, Jabar, menunjukkan tanda-tanda kerusakan yang cukup serius, Sabtu (13/1). Bahkan berpotensi membahayakan para pengguna jalan yang melintas di bawahnya.

Kondisi bangunan yang melintang di atas badan jalan ini, diperkirakan mengalami kerapuhan dan kerusakan akibat minimnya pemeliharaan atau perhatian yang diberikan. Beberapa bagian kayu yang mendukung struktur bangunan terlihat sudah terlepas, bahkan ada yang hampir jatuh ke jalan.

Pemandangan ini menarik perhatian Pj Bupati Kuningan Dr H Raden Iip Hidajat, ketika melintas di ruas jalan di bawah bangunan tersebut. Salah satu gerbang Selamat Datang yang menjadi sorotan Iip terletak di sekitar SPBU Ciloa, Jalan Siliwangi Kuningan.

Setelah melihat kerusakan pada bahan bangunan di bagian atas gerbang, Iip segera memberikan instruksi kepada petugas UPT Damkar Satpol PP Kuningan dan Dishub Kuningan, untuk segera mengamankan kayu-kayu yang berpotensi jatuh ke jalan.

"Iya kami telah melakukan proses penanganan dan pembersihan material kayu yang lapuk atau rusak di tugu Selamat Datang Kuningan," ungkap Kepala UPT Damkar Kuningan, Andri Arga Kusuma.

Material kayu yang mengalami kerusakan terdapat di kedua sisi bangunan gerbang Selamat Datang, dengan panjang masing-masing 6 meter di sisi selatan dan 4 meter di sisi utara.

"Kalau tidak segera dilakukan pembersihan, dikhawatirkan bisa membahayakan pengguna jalan dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar lokasi," terangnya.

Dengan bantuan petugas Dishub Kuningan, para petugas Damkar membersihkan material kayu yang rusak dan lapuk selama dua jam. Disampaikan, bahwa kondisi kerusakan sudah mencapai 50 persen dari struktur bangunan gerbang Selamat Datang.

"Kami merekomendasikan agar pihak terkait segera membenahi dan memperbaikinya, karena khawatir membahayakan masyarakat di bawahnya," pungkasnya.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut