get app
inews
Aa Read Next : Percepatan Perluasan Areal Tanam di Kuningan Terus Dilakukan, Targetkan 51 Ribu Hektare

Bangunan 2 Lantai di Kuningan Hangus Terbakar, Kerugian Nyaris Rp 1 Miliar

Kamis, 11 Januari 2024 | 14:32 WIB
header img
Musibah kebakaran menimpa sebuah rumah tinggal permanen dan toko seluas 240 meter milik warga di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Musibah kebakaran menimpa sebuah rumah tinggal permanen dan toko seluas 240 meter milik warga di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Bangunan dua lantai tersebut hangus terbakar dengan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Kebakaran menimpa bangunan milik H Mansur (64) warga Desa Subang, Kecamatan Subang, Kuningan. Kejadian pada Rabu (10/1) malam itu, akhirnya berhasil dipadamkan petugas pemadam kebakaran selama kurang lebih satu jam.

Peristiwa tersebut terjadi saat mati lampu dan api terlihat membakar lantai bawah. Selanjutnya merembet ke lantai dua, dan ruangan tengah berdasarkan keterangan korban.

Sesaat itu, warga dan santri Al Istikhomah dengan sigap berusaha memadamkan api menggunakan peralatan sederhana sambil menunggu bantuan dari mobil pemadam yang tiba setelah satu jam. Kepala Damkar Kuningan, Andri Arga Kusumah mengonfirmasi, bahwa api berhasil dipadamkan setelah mobil pemadam tiba di lokasi pada pukul 20.15 WIB.

“Api berhasil dipadamkan pada pukul 21.15 WIB atau kurang lebih 1 jam setelah mobil pemadam tiba di lokasi,” kata Andri Arga Kusumah.

Menurut hasil pengumpulan data dan pemeriksaan saksi-saksi, lanjutnya, penyebab kebakaran dugaan sementara berasal dari konsleting listrik. Rumah tersebut dihuni oleh tiga orang, dan meskipun tidak ada korban jiwa atau luka-luka, korban membutuhkan bantuan untuk perbaikan rumah, makanan, obat-obatan, dan kebutuhan lainnya.

"Kerugian dari bangunan yang terbakar mencapai Rp 480 juta dan kerugian dari alat-alat rumah tangga seperti tempat tidur, kursi, freezer, mesin fotokopi 2 unit, mesin cuci 2 buah, dan tabung gas mencapai Rp 250 juta. Sehingga total kerugian diperkirakan sekitar Rp 730 juta,” ungkapnya.

Meskipun Damkar Kuningan berhasil memadamkan api, perjalanan dari Mako Damkar ke Subang yang cukup jauh menyebabkan keterlambatan tiba di lokasi kejadian.(*)

Editor : Andri Yanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut