get app
inews
Aa Read Next : Percepatan Perluasan Areal Tanam di Kuningan Terus Dilakukan, Targetkan 51 Ribu Hektare

Tips Mendaki Gunung Ciremai bagi para Pengunjung

Selasa, 05 Desember 2023 | 15:48 WIB
header img
Gunung Ciremai memiliki ketinggian 3.078 mdpl. Foto: Wikipedia

KUNINGAN, iNewsKuningan.id - Tips mendaki Gunung Ciremai yang memiliki ketinggian 3.078 mdpl bagi para pengunjung tentu membutuhkan persiapan.

Menghindari segala kemungkinan terburuk saat mendaki, sebelum pendakian ada baiknya mempersiapkan segala kebutuhan utama, agar pendakian aman dan tidak ada kendala yang serius.

Tips Mendaki Gunung Ciremai

Mendaki Gunung Ciremai yang dibutuhkan adalah kesiapan peralatan pendakian, lalu kelengkapan dan persiapan yang benar-benar matang untuk meminimalisir hal yang tidak terduga saat mendaki.

Menyiapkan Segala Jenis Perlengkapan

-Perlengkapan pribadi
-Jaket
-Pakaian ganti (diusahakan yang gampang menyerap keringat)
-Sleeping bag (kantong tidur)
-Matras
-Rain coat (jas hujan)
-Head lamp
-P3K
-Kompas
-Perlengkapan makan (piring, gelas, garpu, sendok)
-Sepatu trekking
-Sarung tangan dan kaos kaki
-Tas carrier
-Surat keterangan sehat
-Tissue kering dan basah
-Trash bag untuk sampah

Perlengkapan kelompok

-Tenda dome
-Perlenkapan masak (nesting, kompor portable, jerigen air)
-Flysheet
-Pisau masak
-Persiapkan fisik dengan olahraga

Pendakian dengan jalur yang panjang pastinya memerlukan tenaga ekstra menempuhnya, tentu tanpa latihan fisik sebelumnya akan sulit. Lakukan olahraga ringan yang melibatkan fisik dan pernafasan seperti lari, berenang, futsal dan olahraga yang melatih pernafasan.

Selain persiapan fisik, diperlukan juga kesehatan mental yang kuat dalam menghadapi segala tantangan selama melakukan pendakian. 

Jangan lewatkan safety talk

Meski seorang yang berpengalaman dalam mendaki, safety talk di basecamp wajib dipatuhi agar pendakian tetap terasa aman dan nyaman. Selama safety talk, para petugas basecamp akan memberikan intruksi seputar pendakian hal itu menyangkut aturan dan larangan yang wajib diketahui.

Cek kembali perlengkapan

Perlengkapan mendaki menjadi salah satu yang paling penting. Saat berada di basecamp, lakukan lah pemeriksaan kepada perlengkapan yang sudah disiapkan, apakah ada yang kurang atau tidak.

Jangan terburu buru-buru, atur ritme

Dalam aktivitas mendaki tidak disarankan untuk menghabiskan power di awal karena tantangan akan semakin berat saat mendekati puncak. Gunakan tenaga secara perlahan namun secara konsisten.

Karena pendakian membutuhkan waktu yang cukup lama dan jarak yang jauh, pertahankan dan atur ritme jalan, santai tapi serius. Istirahatlah jika telah merasa lelah. Jangan terlalu berlama-lama ketika beristirahat. Semakin lama beristirahat akan semakin menimbulkan rasa malas untuk lanjut berjalan.

Tetap menjaga alam

Jangan merusak atau buang sampah sembarangan mungkin itu kalimat yang sering kalian dengar. Gunung Ciremai merupakan taman nasional yang diperuntukkan untuk kelestarian alam. Maka kepada para pendaki jangan membuang sampah di sepanjang jalur pendakian.

Usahakan bawa pulang kembali sampah yang dihasilkan. Bawalah tempat untuk menampung sampah kalian sendiri, untuk persediaan ketika selesai minum atau makan.

Nah, itu dia Tips Mendaki Gunung Ciremai, jadi kapan kalian mendaki gunung ini?
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut