get app
inews
Aa
Read Next : Gempa Garut, BPNPB: Satu Warga Luka Ringan, 4 Rumah dan Sekolah Rusak

Gempa Garut: 3 Rumah Tertimbun Longsor

Minggu, 04 Desember 2022 | 09:05 WIB
header img
3 Rumah di Desa Sukalaksana, Kecamatan Talegong Terdamapak Longsor akibat curah hukan tinggi disertai gempa. Foto/Indra

GARUT, iNewsKuningan.id Gempa Garut yang terjadi pada Sabtu (3/12/2022) sore mengakibatkan longor yang menimpa 3 rumah di Kampung Cirendeu, Desa Sukalaksana, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. satu rumah tertimbun sebagian sementara dua lainnya terancam terbawa longsor setelah retakan tanah muncul di sekitarnya.

Informasi yang dihimpun, rumah yang tertimbun sebagian merupakan milik Suhendar (39), sementara rumah milik Uju (67) dan Tarmana (46) terancam. Kepala Desa Sukalaksana, Ii Rusdiana mengatakan, bencana longsor tersebut dimulai oleh guyuran hujan deras dengan intensitas tinggi pada waktu yang lama dan dipicu goncangan gempa.

"Di waktu yang bersamaan terjadi goncangan gempa bumi berkekuatan M6,4 yang cukup besar, sehingga terjadilah pergerakan tanah yang mengakibatkan longsor," kata Ii Rusdiana, Minggu (4/12/2022).

Tidak ada korban jiwa atas terjadinya peristiwa tersebut. Pemerintah Desa Sukalaksana menaksir kerugian material bangunan akibat longsor di wilayah itu ditaksir mencapai jutaan rupiah.

"Salah satu rumah tertimbun sebagian, dan dua rumah dikhawatirkan akan tergusur (longsor) apabila terjadi hujan terus menerus. Kerugian ditaksir sekitar Rp5 juta," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Garut Rudy Gunawan mengingatkan bahwa daerahnya rawan terjadi bencana hidrometeorologi jika curah hujan tinggi. Terjadinya gempa M6,4 pada Sabtu sore, lanjutnya, telah membuat kepanikan di masyarakat, saat sebagian wilayah Garut dilanda hujan deras.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Kuningan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut