Sejumlah Desa di Kuningan Dilanda Longsor Akibat Hujan Lebat, Jalan hingga Rumah Rusak

Andri Yanto
Hujan deras yang melanda hampir merata di Kabupaten Kuningan, Jabar, mengakibatkan musibah longsor pada sejumlah desa. (Foto: BPBD Kuningan)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id–Hujan deras yang melanda hampir merata di Kabupaten Kuningan, Jabar, mengakibatkan longsor di sejumlah desa. Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, menyampaikan bahwa meski tidak ada korban jiwa, kerusakan infrastruktur dan potensi ancaman longsor susulan perlu segera ditangani.

Misalkan saja di Desa Bungurberes, Cilebak, TPT sepanjang 4 meter dengan tinggi 4 meter longsor dan menimpa jalan lingkungan yang berada di dekat rumah milik Kusmana (36). Rumah tersebut dihuni satu keluarga beranggotakan empat jiwa berpotensi terdampak longsor susulan.

"Selain itu, teras rumah Bapak Tama (37) yang juga dihuni oleh empat jiwa turut terancam. Kami telah mengirimkan tim assessment dan juga bekerja sama membersihkan material longsoran, serta membangun jembatan darurat dari bambu untuk akses jalan yang tertutup," kata Indra Bayu Permana dalam keterangan persnya, Jumat (27/9).

Selanjutnya di Desa Bakom, hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan pondasi rumah milik Eko Tarka (61) longsor. Rumah yang dihuni oleh satu keluarga dengan enam jiwa ini mengalami kerusakan pada pondasi sepanjang 3 meter, sementara tutup septic tank amblas dan tembok rumah mengalami retak-retak.

"Kondisi ini cukup mengkhawatirkan, terutama karena rumah tersebut berada di area yang rentan longsor. Tim dari BPBD segera turun ke lapangan, dan aparat desa bersama masyarakat setempat sudah berkoordinasi untuk langkah pencegahan lebih lanjut,”kata Indra.

Editor : Andri Yanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network