Peringatan HUT ke-63 Pramuka di Kuningan, Rana: Garda Terdepan Jaga Pancasila dan NKRI

Andri Yanto
Peringatan HUT ke-63 Pramuka di Kabupaten Kuningan, Jabar, berlangsung khidmat dengan dihadiri ribuan peserta dari berbagai Kwarcam maupun Gugus Depan. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsKuningan.id–Peringatan HUT ke-63 Pramuka di Kabupaten Kuningan, Jabar, berlangsung meriah dengan mengusung tema Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI. Kegiatan yang digelar di Lapangan Pandapa Paramarta Kuningan, Rabu (14/8), dihadiri sekitar 4.000 peserta dari berbagai Kwarcam dan Gugus Depan.

Ketua Kwarcab Kuningan, Rana Suparman menegaskan, bahwa Pramuka adalah garda terdepan dalam menegakkan nilai-nilai luhur Pancasila dan menjaga keutuhan NKRI.

"Momentum ini menjadi tonggak bahwa setiap Pramuka harus berjiwa Pancasila, sesuai dengan hymne Pramuka. Ketika Pancasila diusik, ketika falsafah negara dicoba untuk disentuh atau dipertanyakan, Pramuka siap tampil paling depan mengawal Pancasila dan mewujudkan NKRI," ujarnya.

Ia juga mengingatkan kembali, pentingnya peran Pramuka dalam sejarah bangsa. Ia menyinggung perdebatan yang sempat terjadi pada masa awal kemerdekaan Indonesia mengenai bentuk negara, namun akhirnya, para pendiri bangsa sepakat bahwa NKRI adalah bentuk final yang tidak bisa ditawar-tawar.

"Dalam kepramukaan, kami fokus pada pendidikan kepancasilaan dan kenegaraan, agar generasi muda tetap menjaga keutuhan bangsa," tambahnya.

Editor : Andri Yanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network