Macan Tutul Masuki Kawasan Pemukiman, Ini yang Dilakukan BPBD Kuningan

Andri Yanto
Tim Gabungan melakukan penanganan macan tutul yang memasuki kawasan permukiman warga di Gunungmanik Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jabar. (Foto: BPBD Kuningan)

Hingga Selasa (16/7) malam, BKSDA bersama TNI, Polri, BPBD, dan aparat desa telah melakukan pengecekan pada camera trap yang dipasang, namun belum ditemukan tanda-tanda keberadaan macan tutul.

"Langkah selanjutnya, kami akan terus memantau pergerakan macan tutul dan berkoordinasi dengan pihak desa serta pihak terkait lainnya,” ungkap Indra.

Selain itu, lanjutnya, untuk memastikan keamanan anak-anak sekolah, pihak desa telah menyediakan angkutan roda empat hingga macan tutul kembali ke habitatnya. Aktivitas warga juga terganggu karena kejadian ini bertepatan dengan musim panen kopi dan tanaman lainnya.

"Kami mengupayakan agar situasi segera normal kembali, dan warga dapat beraktivitas tanpa rasa takut,”harapnya.

Berbagai unsur terlibat dalam penanganan ini termasuk aparat desa, aparat kecamatan, BPBD Kuningan, TNI, Polri, BKSDA, Satpol PP, Perhutani, serta masyarakat setempat. Upaya pemantauan di posko dan patroli bersama dilakukan siang dan malam untuk memastikan keamanan wilayah.(*)

Editor : Andri Yanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network