Persaingan Politik di Kuningan Memanas, IPRC: Netralitas ASN Harus Dijaga

Andri Yanto
Tampak suasana saat diskusi publik yang diadakan Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC) Bandung di Kuningan, Jabar. (Foto: Andri)

Mengenai konstelasi politik di Kuningan, Indra melihat bahwa PDI Perjuangan masih memiliki peluang besar untuk mengusung calon bupati. "Secara elektoral, PDIP masih punya kans yang cukup tinggi dengan posisi kursi dan perolehan suara hari ini," katanya.

Indra juga menyoroti beberapa nama potensial dari PDIP yang bisa maju dalam Pilbup Kuningan. "Dari PDIP ada dua nama kuat, yaitu Kang Rana dan Kang Ridho. Kang Ridho diuntungkan oleh popularitasnya sebagai mantan wakil bupati," jelasnya.

Ia memprediksi bahwa partai-partai lain akan menunggu langkah PDIP sebelum memutuskan koalisi. "Partai lain akan menunggu bagaimana PDIP berkoalisi, dan siapa calon kuat yang akan disandingkan dengan calon PDIP," ungkapnya.

Indra juga mencermati kemungkinan koalisi yang akan terbentuk di tingkat kabupaten. "Partai politik akan mencoba untuk membentuk koalisi yang kuat untuk melawan dominasi PDIP. Ada kemungkinan tiga sampai empat pasangan calon yang akan muncul di Kabupaten Kuningan," prediksinya.

Meskipun demikian, Indra menekankan bahwa politik itu dinamis dan segala kemungkinan masih bisa terjadi. "Politik itu dinamis, bisa saja ada kejutan dari tingkat pusat seperti yang terjadi di Bandung," pungkasnya.

Indra menyebutkan bahwa IPRC akan melakukan survei pasca pendaftaran untuk melihat perkembangan terbaru dalam konstelasi politik di Kuningan. "Kita rencana survei di bulan depan untuk melihat situasi setelah pendaftaran calon," katanya.

Dengan dinamika yang ada, persaingan politik di Kuningan diprediksi akan semakin memanas menjelang Pilkada 2024.(*) 

Editor : Andri Yanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network