Kebakaran Kantor Kolam Renang Zam-Zam Pool di Kuningan: Kerugian Ditaksir Rp 240 Juta

Andri Yanto
Sebuah kebakaran melanda bangunan kantor Kolam Renang Zam-Zam Pool di Kabupaten Kuningan, Jabar. (Foto: Ist)

"Laporan pertama diterima dari Endi Rohendi (36), seorang supervisor di Zam-Zam Pool, yang diberitahu oleh dua penjaga, Alimin (53) dan Jaja (35), sekitar pukul 03.30 WIB. Setelah menerima laporan pada pukul 03.57 WIB, kami segera mengirimkan 9 anggota piket regu 1 dan 2 unit kendaraan pemadam Pancar ke lokasi," terangnya. 

Dia menyebut, Tim Damkar tiba di tempat kejadian pada pukul 04.18 WIB dan langsung melakukan penanganan. Api berhasil dipadamkan pada pukul 05.25 WIB atau selama kurang lebih satu jam.

Dalam insiden ini, berbagai peralatan dan ruangan mengalami kerusakan berat. Beberapa barang yang terbakar antara lain adalah 3 tabung gas 12 kg, 2 kompor, 1 tabung APAR, 2 freezer, 1 kulkas, meja tiket, lemari, uang tunai Rp 20 juta, serta beberapa peralatan di ruang kantor seperti meja set, 3 unit router CCTV, dan 2 TV 32 inci. Total kerugian diperkirakan mencapai Rp 240 juta.

Beruntung, tidak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian ini. "Kami juga melakukan pengecekan lanjutan untuk memastikan api benar-benar padam dan mengumpulkan data di lokasi kejadian. Berdasarkan hasil pemeriksaan, penyebab kebakaran adalah korsleting listrik di saklar dapur," ungkapnya. 

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap potensi kebakaran. "Kami mengingatkan warga untuk selalu memeriksa dan membersihkan selang gas serta regulator, menghindari penggunaan colokan yang menumpuk, dan menggunakan kabel listrik yang standar serta lampu listrik ber-SNI untuk menghindari korsleting. Pemerintah Desa juga diharapkan menyediakan proteksi kebakaran seperti APAR dan tandon air di lingkungan pemukiman sebagai langkah antisipasi awal," imbaunya. 

Dengan adanya insiden ini, diharapkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pencegahan kebakaran dapat meningkat guna menghindari kejadian serupa di masa mendatang.(*) 

Editor : Andri Yanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network