Produksi Padi Tahun 2023 di Kuningan Surplus Diatas 94 Ribu Ton

Andri Yanto
Produksi padi di tahun 2023 wilayah Kabupaten Kuningan, Jabar, mengalami surplus diatas 94 ribu ton. (Foto: Andri)

Saat sambutan, Pj Bupati Iip Hidajat menyampaikan bahwa fluktuasi harga bahan pangan pokok, seperti beras, akibat kondisi iklim ekstrim seperti el nino dan la nina serta krisis pangan global. Hal ini mengakibatkan penurunan daya beli masyarakat dalam mengakses kebutuhan pangan pokok, termasuk beras.

"Untuk mengatasi hal ini, gerakan panen raya dan percepatan tanam menjadi strategi untuk meningkatkan ketersediaan produksi beras dan menstabilkan harga di Kabupaten Kuningan," ucapnya.

Dia menjelaskan, bahwa Kabupaten Kuningan memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, terbukti dari data produksi padi pada tahun 2023 yang mencapai 224.593 ton dengan surplus 94.802 ton. Dengan demikian, diharapkan produksi tahun 2024 dapat melampaui pencapaian tahun sebelumnya, sehingga Kabupaten Kuningan dapat berkontribusi lebih besar terhadap target produksi nasional.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kuningan, Dr Wahyu Hidayah menambahkan, bahwa berdasarkan data statistik pertanian tahun 2024, luas tanam padi pada bulan Januari yang akan dipanen pada bulan April mencapai 12.393 Ha. Total luas tanam pada Januari hingga Maret 2024 adalah 20.770 Ha.

"Diharapkan, semua tanaman ini dapat menghasilkan produktivitas yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ucapnya.

Menurutnya, Gerakan Panen Raya Padi dan Tanam Padi Serentak ini merupakan kolaborasi antara pemerintah, petani, dan pemangku kepentingan lainnya. Melalui sinergi ini, diharapkan dapat mencapai target produksi padi yang lebih tinggi serta meningkatkan kesejahteraan petani.(*) 

Editor : Andri Yanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network